Simak Syarat untuk Mendapatkan Bantuan dari BPJS Bagi Buruh Terkena PHK

- Minggu, 5 Desember 2021 | 09:52 WIB
Ilustrasi. Program JKP yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah pusat memberi tiga manfaat bagi pekerja yang di PHK. (tangkap layar/instagram @kemnaker)
Ilustrasi. Program JKP yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah pusat memberi tiga manfaat bagi pekerja yang di PHK. (tangkap layar/instagram @kemnaker)


HALUAN PADANG - Bagi para pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hak Kerja (PHK), disediakan program jaminan sosial oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Program tersebut menyediakan beragam bantuan, mulai dari uang tunai selama 6 bulan, informasi lapangan kerja, hingga pelatihan kerja.

Akan tetapi tidak semua buruh/pekerja yang mendapat bantuan. Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh pekerja/buruh agar bisa dinilai sesuai dan berhak memperolehnya.

Lantas apa saja syarat pekerja/buruh yang bisa mendapatkannya dan bagaimana cara mendaftarnya?

Mengacu PP Nomor 37 Tahun 2021, berikut ini kriteria atau syarat agar buruh/pekerja dapat menerima manfaat JKP jika sewaktu-waktu mengalami PHK:

Warga Negara Indonesia (WNI);

Belum mencapai usia 54 tahun saat melakukan pendaftaran JKP;

Pekerja/buruh di PK/BU skala usaha menengah dan besar sudah harus mengikuti 4 program jaminan sosial (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun);

Pekerja/buruh di PK/BU skala usaha kecil dan mikro sudah harus mengikuti 3 program jaminan sosial (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua);

Terdaftar sebagai penerima upah pada BU Program JKN BPJS Kesehatan; dan

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Sumber: kompas.com

Terkini

X