Selain Semeru, Berikut Ini 13 Gunung Berapi Aktif di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga

- Minggu, 5 Desember 2021 | 09:14 WIB
Cincin Api Pasifik (Wikimedia)
Cincin Api Pasifik (Wikimedia)

 

HALUAN PADANG - Gunung Semeru  di Pulau Jawa merupakan bagian dari gugusan gunung berapi  jalur Cincin Api Pasifik atau 'Pasific Ring of Fire' yang ada di wilayah Indonesia. Jalur Cincin Api Pasifik sendiri ialah serangkaian 850-1.000 gunung berapi yang membentang hampir 40.250 kilometer di sekitar Samudra Pasifik.

Gunung-gunung tersebut merupakan gunung dengan aktivitas vulkanik yang tinggi. Kondisi tersebut tidak hanya menyebabkan wilayah di sepanjang jalur tersebut rawan gempa, namun juga rawan erupsi. 

Selain Gunung Semeru yang kemarin mengalami erupsi, terdapat sejumlah gunung berapi lain di Indonesia. Gunung-gunung tersebut saat ini berstatus waspada dan siaga. 

Dikutip dari laman vsi.esdm.go.id, status waspada berarti terjadi peningkatan aktivitas seismik, vulkanis, serta ada sedikit perubahan pada aktivitas magma, tektonik, dan hidrotermal pada gunung tersebut. Namun peningkatan aktivitas tersebut tidak selalu diikuti dengan letusan atau erupsi.

Sementara gunung dengan status siaga berarti semakin meningkatnya aktivitas seismik dan vulkanik gunung tersebut. Peningkatan tersebut juga dapat terlihat jelas secara kasat mata maupun dalam alat deteksi. Dalam level ini, segal peningkatan aktivitas bisa berujung erupsi atau letusan.

Masih mengutip vsi.esdm.go.id, berikut ini 13 Gunung Api aktif di Indonesia dengan status waspada dan siaga:

1. Gunung Merapi di DIY dan Jateng status siaga.

2. Gunung Ili Lewolotok di Nusa Tenggara Timur berstatus siaga.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X