Erupsi Besar! Ternyata di Sumbar Juga Ada Dua Gunung yang Berstatus Sama dengan Semeru

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:41 WIB
Gunung Marapi, Tanah Datar (Wikipedia)
Gunung Marapi, Tanah Datar (Wikipedia)

HALUAN PADANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis ada 17 gunung di Indonesia yang berstatus Level II (Waspada). Dari 17 gunung tersebut salah satunya adalah Semeru yang hari ini, Sabtu (4/11) sore mengalami erupsi besar.

Dikutip dari laporan PVMBG, sebanyak 54 kali letusan itu terjadi dalam 24 jam terakhir sebelum terjadinya erupsi besar. Puluhan letusan itu tercatat dengan amplitudo 11-12 mm dengan durasi 85-130 detik.

Kemudian dalam waktu yang hampir bersamaan terpantau 2 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 500-800 meter, yang berada di bawah kawah kurang lebih 500 meter.

Baca Juga: Sebelum Erupsi Besar, Ternyata Gunung Semeru Sudah Alami 54 Kali Letusan

Namun ternyata, ada pula dua gunung di Sumbar yang berstatus sama dengan Semeru">Gunung Semeru. Melihat data di laman Magma Indonesia, dua gunung itu adalah Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi, namun dekat dengan Sumbar, kedua adalah Marapi">Gunung Marapi.

Khusus Gunung Kerinci, PVMBG melaporkan gunung itu telah mengalami 110 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 0.5-14 mm, dan lama gempa 10-25 detik. Kemudian 1 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 23 mm, S-P 2 detik dan lama gempa 19 detik.

Baca Juga: Guguran Lava Semeru Terpantau Sehari Sebelum Meletus Dahsyat

Selain itu, Gunung Kerinci juga mengalami 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 20 mm, S-P 13 detik dan lama gempa 70 detik.

Terkait dengan itu, PVMBG pun melarang adanya aktifitas warga dalam radius 3 kilometer dari kawah aktif atau zona radius berbahaya.

"Masyarakat disekitar gunungapi kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif," tulis pengamat Irwan Safwan dalam laporannya di situs tersebut.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Korban Belum Dipastikan

Selain itu, PVMBG juga meminta agar setiap penerbangan juga menghindari kawasan gunung tersebut demi mengantisipasi adanya aktifitas vulkanis.

Sementara itu untuk Marapi">Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, PVMBG mencatat gunung itu telah mengalami 1 kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 2 mm, S-P 2.5 detik dan lama gempa 18 detik.

Lalu juga mengalami 2 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 3.5-12 mm, S-P 18.7-43.6 detik dan lama gempa 83-135 detik.

Terkait dengan itu, pengamat PVMBG, Teguh Purnomo dalam laporannya merekomendasikan agar pengunjung dan wisatawan tidak mendaki serta mendekati kawah gunung dengan radius 3 kilommeter dari kawah.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X