Sebelum Erupsi Besar, Ternyata Gunung Semeru Sudah Alami 54 Kali Letusan

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:19 WIB
Awan panas tampak berjatuhan di sebuah desa dekat Gunung Semeru
Awan panas tampak berjatuhan di sebuah desa dekat Gunung Semeru

HALUAN PADANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis, Semeru">Gunung Semeru sudah mengalami 54 kali letusan sebelum akhirnya peristiwa erupsi besar terjadi pada Sabtu (4/12) sore WIB.

Dikutip dari laporan PVMBG, sebanyak 54 kali letusan itu terjadi dalam 24 jam terakhir sebelum terjadinya erupsi besar. Puluhan letusan itu tercatat dengan amplitudo 11-12 mm dengan durasi 85-130 detik.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Korban Belum Dipastikan

Kemudian dalam waktu yang hampir bersamaan terpantau 2 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 500-800 meter, yang berada di bawah kawah kurang lebih 500 meter.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyampaikan laporan tidak ada korban jiwa saat Semeru">Gunung Semeru meletus.

Baca Juga: Langit Lumajang Sore Berubah Gelap Tertutup Letusan Gunung Semeru

Pantauan BPBD Jatim pada hari Sabtu (4//2021) pukul 15.30 WIB, peningkatan aktivias Semeru">Gunung Semeru di Kabuaten Lumajang.

Erupsi ini bermula ketika pada 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB, terjadi penigkatan Aktivitas Semeru">Gunung Semeru disertai awan panas guguran.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Begini Kronologis Gugurnya Awan Panas Hingga Angin Bau Belerang

Pihak BPBD mengimbau kepada warga di sekitar Semeru">Gunung Semeru menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Semeru">Gunung Semeru.

Hingga saat ini, laporan BPBD Jatim menyatakan tidak ada korban jiwa di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X