Seru! Aksi Anak Disabilitas Pukau Pejabat di Kota Solok, Nanda Satria Salah Satunya

- Jumat, 3 Desember 2021 | 20:28 WIB
Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria saat menghandiri Hari Disabilitas Internasional di Kota Solok (Istimewa)
Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria saat menghandiri Hari Disabilitas Internasional di Kota Solok (Istimewa)

HALUAN PADANG - Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kota Solok berlangsung seru. Puluhan anak-anak berkebutuhan khusus di daerah itu punya kesempatan untuk saling unjuk kebolehan di depan sejumlah pejabat teras Sumatera Barat.

Ada beragam aksi yang mereka lakukan dalam peringatan tahunan tersebut. Salah satunya adalah membatik, sebuah keahlian yang bahkan bagi orang biasa terbilang sulit dilakukan.

Beragam karya batik olahan tangan anak-anak tersebut terpajang rapi di lokasi kegiatan tersebut. Tampak anak-anak itu pun dengan bangga memperagakan karya mereka pada sejumlah pejabat yang hadir.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada Jumat (03/12) di Kota Solok ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Anggota DPRD Sumbar, Irzal Iyas, Walikota Solok, Zul Elfian dan Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria.

Selain membatik, puluhan anak-anak itu juga mempertontonkan aksi lainnya seperti menjadi Qoriah dan bermain Randai, kesenian asli Sumatera Barat.

Pejabat yang hadir pun tampak terkagum-kagum, Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Ketua KNPI Sumbar Nanda Satria pun tidak berhenti memberikan tepuk tangan saat anak-anak tersebut tampil.

Keduanya tampak tak jarang tertawa sambil terkesima melihat aksi anak-anak tersebut, terlebih saat mempertontonkan permainan Randai.

"Ini seru sekali, aksi mereka tidak kalah hebat dari penampil kesenian profesional. Mereka meskipun masih anak-anak, tapi punya kemampuan yang bahkan menyamai orang biasa," kata Nanda di sela-sela acara.

Melihat penampilan seru itu, Nanda Satria pun tidak sungkan memberikan hadiah pada anak-anak yang berprestasi dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional Kota Solok tersebut, salah satunya adalah juara lomba membatik.

Ditemui usai kegiatan, Nanda menyebut bahwa dirinya bersama KNPI Sumbar mendorong para penyandang disabilitas untuk berkreasi secara produktif, sebab meskipun di tengah keterbatas, mereka punya banyak kelebihan.

"Saya secara pribadi mendorong kawan-kawan disabilitas agar lebih banyak berkreasi dan produktif, karna mempunyai banyak kelebihan. Pencapaian anak-anak ini hari ini harus diapresiasi lebih," katanya.

Selain itu, Nanda pun berencana untuk memberikan pelatihan kewirausahaan untuk penyandang disabilitas berkolaborasi dengan organisasi pengusaha (HIPMI Sumbar) dan stakeholder terkait dari pemerintahan.

"Kami di KNPI memang membuat program kolaborasi bersama HIPMI Sumbar, nah pelibatan kawan-kawan disabilitas bisa menjadi program besutan dua organisasi ini untuk mengembangkan kemampuan mereka tanpa harus mempertimbangkan keterbatasan. sebab, mereka adalah manusia dengan kemampuan yang tanpa batas," pungkasnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X