Ketua KNPI Sumbar Usung Gerakan Petani Milenial dengan Wamentan, Begini Hasilnya

- Jumat, 3 Desember 2021 | 20:15 WIB
Pertemuan Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria bersama Wamentan Harvick di Padang (HALUAN PADANG | Erlangga Aditya)
Pertemuan Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria bersama Wamentan Harvick di Padang (HALUAN PADANG | Erlangga Aditya)

HALUAN PADANG - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Nanda Satria menggelar pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Padang, Kamis (02/12) kemarin.

Pertemuan tersebut berlansung di sela-sela kunjungan Harvick selama beberapa waktu di Sumatera Barat. Suasana pertemuan kedua tokoh ini pun berlangsung hangat.

Dalam pertemuan itu, Nanda banyak membahas berbagai persoalan terkait pemuda dengan Harvick. Salah dua poin yang disampaikan Nanda adalah soal peluang potensi usaha tani, dan pemanfaatan lahan yang ada di Sumbar.

"Ada beberapa persoalan yang perlu kita hadapi bersama melalui koordinasi dengan pemerintah pusat. Beberapa di antaranya yakni soal rantai distribusi dan hilirisasi produk pertanian," kata Nanda Satria pada Haluan Padang.

Baca Juga: Ketua KNPI Sumbar Nanda Satria Dorong Pemuda Jadi Solusi Bagi Masyarakat

Baca Juga: Bertemu Andre Rosiade, Nanda Satria Raup Dukungan BUMN untuk Program KNPI Sumbar

Dua poin pembahasan itu, kata Nanda juga berkaitan dengan tingkat kebutuhan produk pertanian di Sumbar, peluan potensi usaha tani serta pemanfaatan lahan yang ada.

"Saya pikir, dengan bekerjasama dengan pemerintah pusat, KNPI Sumbar bisa menjadi pihak yang secara representatif untuk menyingkronkan semua poin tersebut. Tentunya wujud dari pembahasan ini juga akan melibatkan pemerintah daerah sebagai tuan rumah," jelas Nanda.

Secara kepemudaan, Nanda pada dasarnya berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk mewujudkan program milenial di Sumbar.

Baca Juga: Nanda Satria Minta Kajati Dampingi KNPI Sumbar dalam Penggunaan Anggaran

Baca Juga: Megah, Ketua KNPI Sumbar Takjub dengan Pembukaan MTQ Sumbar di Padang Panjang

Selama berdiskusi, ia juga menyampaikan bahwa KNPI Sumbar saat ini tengah mendorong Gerakan Petani Milenial.

"Harapannya dengan gerakan ini semakin banyak petani milenial, dan milenial akan banyak petani muda. Sehingga pertanian Sumbar bisa naik kelas ke arah industri dan inovasi produk," sebut Nanda.

Mendengar semua rencana Nanda, Wamentan Harvick pun menyambut baik rencana program dan koordinasi tersebut. Bahkan, dia pun menyebut akan segera berkoordinasi dengan direktorat terkait untuk mengaplikasikan rencana tersebut.

Sebab, Harvick menyebut, program dari KNPI Sumbar tersebut selaras dengan rencana pemerintah yang ingin menambah 1 juta petani muda di masa mendatang.

"Saya yakin, jika program ini terlaksana program 1 juta petani muda pun bisa diterapkan. Harapannya adalah di masa mendatang, Indonesia lebih makmur. Sebab, saat ini pertanian merupakan sektor prioritas dengan jumlah pintu pasar terbanyak di dunia," pungkasnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X