BPBD Kota Padang Minta Masyarakat Persiapkan Diri Untuk Bencana Kekeringan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 15:19 WIB
Ilustrasi kekeringan
Ilustrasi kekeringan

Haluan Padang  - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana kekeringan. Walaupun hingga Februari 2022 mendatang BMKG memprediksi seluruh wilayah Indonesia akan dilanda musim hujan akibat La Nina. 

Alasan BPBD Kota Padang ini dikarenakan rekam jejak dan data yang dihimpun beberapa tahun terakhir. Dimana setelah musim, karakteristik cuaca di Kota Padang akan berubah drastis menjadi musim kering.

"Seperti tahun 2022 ini. Kota Padang pernah dilanda kekeringan setelah terjadi musim hujan. Tepatnya bulan Februari 2021 silam," sebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang kepada Haluan Padang, Jumat (3/12/2021).

Disampaikan Sutan Hendra, kekeringan yang melanda Kota Padang pada Februari 2021 silam, terbilang cukup berdampak pada stok air di dalam tanah. Tercatat 29 titik di Kota Padang mengalami kekeringan.

Termasuk pasokan air bersih PDAM juga mengalami penurunan drastis. 

"Karena cuaca di bulan Februari cukup panas, membuat kurangnya pasokan air bersih dari pihak PDAM," imbuhnya Jumat (3/12)

Maka untuk itu, BPBD bersama Tim turun ke lapangan guna membantu masyarakat untuk mendistribusikan pasokan air bersih. 

"Karena kekurangan pasokan air bersih PDAM, kami bantu mendistribusikan airnya," tuturnya. 

Disampaikan Sutan Hendra, bencana tidak dapat dihindari, tapi dampak atau resiko bencana bisa dikurangi. 

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Terkini

X