Kasus Dua Anak Diperkosa Bergilir Oleh Anggota Keluarga di Padang Tayang di Podcast Deddy Corbuzier

- Jumat, 3 Desember 2021 | 11:31 WIB
Rieke Diah Pitaloka saat membahas perkosaan berjamaah di Padang  (Akun YouTube Deddy Corbuzier)
Rieke Diah Pitaloka saat membahas perkosaan berjamaah di Padang (Akun YouTube Deddy Corbuzier)



HALUAN PADANG - Kasus perkosaan terhadap dua anak perempuan bawah umur yang dilakukan oleh keluarga dan tetangga mereka sendiri di Padang beberapa waktu lalu, dibahas di podcast Deddy Corbuzier, Kamis (2/12).

Deddy yang mengundang Rieke Diah Pitaloka, tampak syok ketika membahas kasus tersebut.

“Ini tidak masuk akal,” kata Deddy, “betul-betul tidak masuk akal.

Rieke yang juga tampak syok, berkata “Dan itu terjadi, dan banyak”.

Karena itulah, sambung Rieke, kita tidak boleh berhenti menyuarakan bahwa kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak terus terjadi, baik kekerasan seksual maupun bentuk kekerasan lainnya. Menurutnya lagi, saat ini kita semua tengah mempertaruhkan masa depan anak-anak kita. Dan ia tidak mau hal yang sama menimpa anak-anaknya.

“Kalau hal seperti ini tidak disuarakan, hal itu nantinya bisa terjadi juga pada keluarga pada anak-anak kita. Dan saya tidak mau itu terjadi pada anak-anak saya,” jelas Rieke.

Lebih jauh, Rieke juga menjelaskan bahwa saat ini dia bersama teman-temannya tengah berjuang agar disahkannya Undang-Undang Pemberantasan Kekerasan Seksual. Uu tersebut menurutnya dapat membuat para korban kekerasan seksual benar-benar mendapat perlindungan dari negara.

Namun menurut Rieke upaya itu tidak mudah. Masih ada pihak yang tidak sepakat dengan pasal-pasal dalam RUU tersebut.

Rieke kemudian juga mengingatkan bahwa jika seseorag beragama, maka seharusnya dia tidak akan diam ketika kasus-kasus kekerasan seksual, baik kekerasan dalam rumah tangga atau kasus kekerasan seksual terhadap ana seperti di Padang, terus terjadi. Karena agama menurut Rieke adalah suatu pencerahan enlighment.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

X