Berikut Prediksi Cuaca saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dari BMKG

- Jumat, 3 Desember 2021 | 08:00 WIB
ilustrasi/foto: istimewa
ilustrasi/foto: istimewa

HALUAN PADANG- Memasuki periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada seluruh Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan stakeholder, serta masyarakat untuk terus memonitor perkembangan cuaca, iklim dan gempa bumi mellaui berbagai kanal resmi BMKG.

Selain itu, BMKG juga menjelaskan bahwa informasi terkait kondisi Meteorologi, Klimatologi, Gempabumi, dan Tsunami dapat diakses ataupun diterima dengan cepat dan dipahami oleh operator transportasi, para stakeholder, sektor terkait, dan masyarakat.

Selanjutnya, adapun prediksi curah hujan di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022 menunjukkan bahwa curah hujan pada umumnya berda pada kategori menengah hingga tinggi (100-500 mm per bulan).

Dikutip dari laman resmi BMKG, Kepala BMKG menyampaikan bahwa bulan Desember hingga Maret merupakan periode munculnya badai tropis di wilayah Samudera Hindia Selatan Indonesia.

Baca Juga: Kisah-kisah Menakjubkan dari Jambu Lipo

Baca Juga: Mengenal Tari Tanduak dari Lubuak Tarok: Tarian Kuno Laga Dua Kerbau

"Dampak tidak langsung dari badai tropis tersebut dapat dirasakan hingga wilayah Indonesia dan dikhawatirkan dapat berpengaruh terhadap keselamatan transportasi maupun masyarakat, termasuk saat periode Natal dan Tahun Baru," ucap Dwikorita saat Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (1/12).

Dwikorita juga menjelaskan, informasi mengenai potensi cuaca untuk satu minggu sebelum natal, tepatnya pada 18-24 Desember 2021 di mana hampir seluruh provinsi di Sumatera dan Jawa hingga NTT, kecuali Sumatra Selatan dan DKI Jakarta, akan mengalami hujan lebat.

Kemudian, untuk periode 25 Desember 2021-8 Januari 2022 hampir seluruh provinsi di Indonesia mengalami hujan lebat.

Baca Juga: Surat Edaran Gubernur Sumbar Soal Kekerasan Seksual Disambut Pesimis LSM, Optimis Di Lembaga Hukum

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X