Tuntut Kenaikan UMP 2022, Puluhan Ribu Buruh dan Mahasiswa Unjuk Rasa di Jakarta Hari Ini

- Senin, 29 November 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi demo buruh. Foto: Istimewa/Internet
Ilustrasi demo buruh. Foto: Istimewa/Internet


HALUAN PADANG - Buruh dan mahasiswa akan berunjuk rasa di Istana Negara, hari ini, Senin (29/11). Unjuk rasa tersebut masih bagian dari serangkaian aksi menolak penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022.

Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan Undang-Undang Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat, tuntutan aksi massa kini adalah meminta Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah terkait kenaikan UMP 2022. 

Baca Juga: Sebut Kembalinya Rezim Upah Murah, KSPI Tolak Penetapan UMP 2022

Perwakilan Komite Politik Buruh Indonesia (KPBI) yang tergabung dalam Gebrak, Andi Panca menegaskan poin ketujuh putusan MK mengenai uji formil UU Omnibus Law itu menyatakan agar semua aturan-aturan pelaksana UU tersebut harus ditangguhkan.

Oleh sebab itu, Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang mengatur upah 2022 naik hanya 1,09 persen dibatalkan demi hukum.

Karena semua aturan turunan UU Cipta Kerja itu tidak sah, ia mengajak buruh berbagai kabupaten/kota untuk meminta agar Jokowi menerbitkan Keppres karena ada kekosongan hukum.

"Kepada seluruh serikat-serikat pekerja ayo kita bergerak sama-sama di tanggal 29 kita kepung istana dan kita pastikan Presiden Jokowi berpihak kepada kita dan kemudian mengeluarkan Keppres tersebut," kata Andi dalam konferensi pers yang digelar di LBH Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (26/11) lalu seperti dikutip dari cnn.com.

Massa Gebrak yang akan turun dalam aksi hari ini diperkirakan Andi mencapai puluhan ribu.

Gebrak sendiri merupakan aliansi yang terdiri dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), LMND DN, KPBI, Konfederasi Serikat Nasional (KSN), dan kelompok masyarakat sipil lainnya.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi: UU Cipta Kerja Inkonstitusional

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

X