Pakar Hukum dan Tata Negara: UU Cipta Kerja Tidak Berlaku Lagi

- Minggu, 28 November 2021 | 17:52 WIB
Feri Amsari
Feri Amsari

 


HALUAN PADANG – Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan putusan Mahkamah Agung tentang Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) sebagai inkonstitusional bersyarat membuat undang-undang tersebut tidak berlaku lagi.

“Ominbus Law inkonstituonal bersyarat. Maknanya, UU Ciptaker tidak berlaku lagi. Kecuali jika syarat perbaikan 2 tahun dipenuhi. 2 tahun itu untuk memperbaiki, bukan untuk menerapkan. Jangan salah paham” tulisnya di akun Twitter pribadinya @feriamsari.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi: UU Cipta Kerja Inkonstitusional

Feri kemudian memberi penjelasan lebih jauh soal pernyataan tersebut lewat vlog di akun YouTube pribadinya @FeriAmsari.

Ia mengatakan menghargai putusan MK, namun ia melihat kejanggalan dalam putusan tersebut. Ia mempertanyakan kenapa sebuah undang-undang yang sudah terbukti melanggar prosedur pembentukan undang-undang harus ditunda selama 2 tahun untuk dinyatakan batal permanen.

Hal tersebut akhirnya menimbulkan kesalahpahaman. Pemerintah dan DPR sebagai pembentuk undang-undang bisa memahami putusan tersebut bermakna UU Ciptaker bisa dipakai selama 2 tahun proses revisi.

Padahal, menurut Feri, tidak demikian cara memahaminya. Yang perlu dipahami oleh DPR dan Pemerintah menurutnya ialah waktu 2 tahun tersebut digunakan untuk memperbaiki, bukan untuk menerapkan.

“2 tahun semenjak putusan MK, dilakukan perbaikan, tidak dilakukan penerapan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan lebih jauh soal apa yang dimaksud inkonstitusional bersyarat serta bagaimana memaknainya.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

X