Tak Masuk Akal, Ini Gejala Varian Omicron yang Baru Saja Diidentifikasi Dokter

- Minggu, 28 November 2021 | 16:08 WIB
arian bernama B.1.1.529 atau Omicron (Pixabay)
arian bernama B.1.1.529 atau Omicron (Pixabay)

HALUAN PADANG - Dr Angelique Coetzee seorang dokter umum yang juga mengepalai Asosiasi Medis Afrika Selatan memperingatkan varian baru Covid-19 yang dinamakan Omicron memiliki gejala yang tidak biasa, ringan, namun tidak masuk akal. 

Gejala tersebut pertama dilihatnya saat   para pasien terkonfirmasi Covid-19 di tempat praktek pribadinya di Pretoria menunjukkan berbeda dengan gejala varian Covid-19 lainnya. 

Berbeda dari gejala varian Covid-19 sebelumnya, dalam kasus ini tak satupun dari mereka menderita kehilangan rasa atau bau.

Dia menjelaskan, mereka termasuk orang-orang muda dari berbagai latar belakang yang berbeda namun sama-sama mengalami kelelahan yang hebat. Sedangkan seorang anak berusia enam tahun dirawat dengan denyut nadi yang tinggi.

“Gejala mereka sangat berbeda dan sangat ringan dari yang pernah saya tangani sebelumnya,” kata dr. Coetzee.

Baca Juga: Inilah Daftar 12 Negara yang Sudah Terjangkit Covid-19 Omicron, Mulai Masuk ke Asia

Dia mengatakan total sekitar 24 pasiennya tersebut telah dites positif Covid, dengan gejala Omicron. 

“Mereka kebanyakan adalah pria sehat yang mengeluh merasa sangat lelah dan sekitar setengah dari mereka bahkan belum menerima vaksin, masalah umum di Afrika Selatan dan di sebagian besar benua Afrika,” katanya.

Kemudian, dia menuturkan pada 18 November 2021 lalu, ketika empat anggota keluarga semuanya dinyatakan positif Covid-19 dengan kondisi kelelahan, dia memberi tahu komite penasihat vaksin negara itu.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Sumber: Pikiran Rakyat

Artikel Terkait

Terkini

X