Siap-siap! Mulai Januari 2022, Pemerintah Larang Penjualan Minyak Goreng Curah

- Minggu, 28 November 2021 | 15:20 WIB
terhitung 1 Januari 2022, pemerintah akan melarang peredaran minyak goreng curah di pasaran. Kemendag hanya mengizinkan penjualan minyak dalam kemasan. (Twitter/ @Yahoo_ID)
terhitung 1 Januari 2022, pemerintah akan melarang peredaran minyak goreng curah di pasaran. Kemendag hanya mengizinkan penjualan minyak dalam kemasan. (Twitter/ @Yahoo_ID)

 

HALUANPADANG – Terhitung 1 Januari 2022, pemerintah akan melarang peredaran minyak goreng curah di pasaran. Kementerian Perdagangan (Kemendag) hanya mengizinkan penjualan minyak goreng dalam kemasan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, mengatakan kebijakan tersebut ditempuh untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga pada komoditas minyak goreng.

"Jadi untuk ini pemerintah mengantisipasi dengan mewajibkan peredaran minyak goreng kemasan. Tidak diizinkan lagi, mulai 1 Januari 2022, minyak goreng diedarkan dalam keadaan curah," ujarnya dalam webinar, Rabu (24/11) dikutip dari Okezone.com.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, 3 Alternatif Minyak Goreng Agar Hidup Lebih Sehat

Oke Nurwan menjelaskan minyak goreng curah bergantung pada Crude Palm Oil (CPO) yang mana ketika CPO naik, maka minyak goreng curah juga langsung naik. Sementara itu minyak goreng kemasan, karena bersifat bisa disimpan dalam jangka panjang, maka harganya relatif terkendali

“Makanya pemerintah sudah mengantisipasi dengan tidak mengizinkannya minyak goreng curah diedarkan mulai dari 1 Januari 2022 nanti," ucap Oke.

Menurut Oke, saat ini terdapat 2 negara yang masih mengedarkan minyak goreng curah, yaitu Bangladesh dan Indonesia.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Manfaatkan Minyak Goreng Bekas Untuk 11 Hal Ini

"Ini tinggal 2 negara, sepengetahuan saya, yang masih mengedarkan minyak goreng curah, yaitu Bangladesh dan Indonesia," tuturnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

X