WHO: Varian Baru Corona Omicron asal Afrika Selatan Sangat Mengkhawatirkan

- Sabtu, 27 November 2021 | 10:58 WIB
Ilustrasi virus/cdc.gov
Ilustrasi virus/cdc.gov

HALUANPADANG.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi nama Omicron untuk varian baru virus Corona B.1.1.529 yang ditemukan di Afrika Selatan. Varian baru virus tersebut ditetapkan sebagai varian mengkhawatirkan atau variant of concerns (VOC).

Dilansir dari AFP pada Sabtu (27/11/2021), klasifikasi tersebut menempatkan Omicron ke dalam kategori varian COVID-19 yang paling mengkhawatirakan.

Omicron dianggap sama mengkhawatirkannya dengan varian Delta yang berpengaruh besar secara global. Varian lain dari virus Corona yang lebih lemah antara lain Alpha, Beta, dan Gamma.

"Berdasarkan bukti yang menunjukkan perubahan yang merugikan dalam epidemiologi COVID-19, WHO telah menetapkan B.1.1.529 sebagai varian yang mengkhawatirkan (VOC), bernama Omicron," WHO menjelaskan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Varian Baru Covid-19 yang Lebih Berbahaya Dibanding Varian Delta

Menurut badan kesehatan PBB tersebut, masih perlu beberapa minggu untuk menyelesaikan studi terkait Omicron untuk melihat apakah ada perubahan dalam penularan. WHO juga akan menganalisis tingkat keparahan atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan COVID.

Varian baru Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada Rabu (24/11) lalu. Infeksi varian tersebut yang terkonfirmasi pertama diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November.

Varian Omicron dilaporkan memiliki sejumlah mutasi besar. Beberapa di antaranya bahkan dianggap sangat mengkhawatirkan.

"Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dari varian ini, dibandingkan dengan varian lainnya yang dikategorikan sebagai VOC," lanjut WHO.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Sumber: AFP

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X