M Bloc Group Gagas Ruang Kreatif di Padang untuk Berdayakan Produk dan Talenta Lokal

- Kamis, 25 November 2021 | 18:20 WIB
Pertemuan MC Bloc dengan komunitas di Padang (Tio Furqan / Haluan Padang)
Pertemuan MC Bloc dengan komunitas di Padang (Tio Furqan / Haluan Padang)

HALUAN PADANG - M Bloc Group melakukan survey ke PT Tropical Multi Co yang merupakan bekas pabrik seng di Jalan Prof. Dr Hamka, kota Padang, Rabu (24/11/21). Ini adalah langkah awal yang dilakukan M Bloc Group dalam perencanaannya untuk merubah tempat tersebut menjadi creative hub.

Creative hub sendiri merupakan ruang publik yang memberikan wadah kepada para penggiat industri kreatif. Untuk kali ini M Bloc Group berencana membuka ruang kreatif tersebut di kota Padang yang akan memberdayakan produk-produk lokal dan talenta-talenta lokal dari Padang, pergerakannya untuk memberikan space kepada industri kreatif untuk berkolaborasi dan membuat kegiatan di dalamnya.

Co-founder sekaligus program director M Bloc Group Wendi Putranto mengatakan, ini adalah ruang kreatif publik ke empat yang didirikan oleh M Bloc Group setelah sebelumnya ia bersama tim mendirikan M Bloc Space dan Pos Bloc di Jakarta serta JNM Bloc Yogyakarta.

Dijelaskan Wendi, M Bloc Space merupakan sebuah ruang kreatif publik yang terletak di Blok M, Jakarta Selatan yang didirikan oleh 6 orang yang memiliki latar belakang berbeda, seperti musisi, arsitektur, film, bisnis dan lainnya, termasuk didalamnya almarhum Gleen Fedly.

"Di M Bloc Space kita menyediakan ruang pertunjukan konsep hall, ruang screening film, ruang presentasi, workshop, stand-stand F&B dan lainnya. Namun disini tidak ada brand luar, semuanya brand lokal, bahkan brand-brand yang sudah terkenal di mall sekalipun tidak kita masukan, semuanya merupakan produk UMKM yang memiliki konsep yang kuat, perencanaan pendapatan yang kuat juga dan telah kita kurasi, bisa dikatakan ini semacam mall alternatif", ucapnya.

"Mimpi besar M Bloc Group sendiri adalah membangun ruang-ruang kreatif baru nantinya di berbagai macam kota yang direplikasi dari Jakarta. Ini semacam cabang, namun kita menyebutnya sirkuit kreatif, untuk sistem pembayarannya nanti semuanya sama yaitu hanya akan berlaku cashless atau tanpa uang tunai, mengapa demikian? Karena kita sistemnya bagi hasil, tidak ada yang namanya sewa tempat namun mereka mengirimkan proposal bisnis yang akan kita kurasi, di dalam proposal itu dijelaskan kira-kira tampilannya seperti apa, produknya bagaimana, layanannya seperti apa, itu yang kemudian kita nilai, kalau memang layak nanti kita sediakan tempat bagi mereka untuk membuka usaha disini", jelasnya

Ia menambahkan, tujuan utamanya adalah untuk menggerakkan komunitas-komunitas kreatif yang ada di kota tersebut, melahirkan brand-brand baru, produk-produk baru, bahkan musisi-musisi baru yang nantinya bisa di ekspor ke Jakarta.

Sementara, saat ditanya alasan mengapa M Bloc Group memilih kota Padang menjadi salah satu sirkuit kreatifnya, ia menjawab bahwa kota Padang memiliki potensi yang besar dalam hal ini.

"Awalnya kita diundang oleh Pak Edward yaitu pemilik lahan ini, dan kita melihat potensi kota Padang ini kuat sekali, dari sisi kulinernya, komunitasnya dan juga pemikir-pemikir besar Indonesia banyak lahir disini. Jadi dalam pandangan kami kota Padang punya potensi melahirkan generasi kreatif, ini yang harus kita dorong dan kita bantu", jelasnya.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

Komedian Minang Opetra Meninggal Dunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 17:25 WIB
X