Diperingati Setiap 25 November, Inilah Sejarah Hari Guru Nasional

- Kamis, 25 November 2021 | 14:38 WIB

HALUANPADANG- Hari guru nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya.

Hari guru diperingati untuk menghormati dan menghargai jasa para guru yang telah mendidik dan mencerdaskan bangsa.

Berikut telah dikumpulkan oleh Tim Haluan Padang dari berbagai sumber mengenai sejarah hari guru nasional.

Sejarah Lahirnya PGRI dan Hari Guru Nasional

Peringatan hari guru nasional tidak bisa dipisahkan dari sejarah berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang didirikan pada tanggal 25 November 1945.

Dilansir dari pgridki.or.id, jauh sebelum PGRI berdiri, di Indonesia yang waktu itu masih bernama Hindia Belanda, telah lahir sebuah organisasi perjuangan guru-guru pribumi yang diberi nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912.

PGHB inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya PGRI. PGHB merupakan organisasi yang bersifat unitaris dan terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan pemilik sekolah.

PGHB kemudian berubah menjadi beberapa organisasi berdasarkan golongan dan wilayah, diantaranya; Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambatchsschooll (PGAS), Perserikatan Normal School (PNS), Hogere Kweekschooll Bond (HKSB) dan beberapa organisasi guru lainnya yang bercorak keagamaan, kebangsaan dan lainnya.

Atas kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan, PGHB berhasil mendorong guru pribumi dalam memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB
X