Brian Putra Bastara Beberkan Sejumlah Kunci Sukses Berwirausaha di Jaman Serba Cepat

- Rabu, 24 November 2021 | 15:30 WIB
Brian Putra Bastara menghadiri Entrepreneur Fair IV yang diselenggarakan di Universitas Andalas (Unand) kota Padang, Rabu (24/11/21). (Tio Furqan / Haluan Padang)
Brian Putra Bastara menghadiri Entrepreneur Fair IV yang diselenggarakan di Universitas Andalas (Unand) kota Padang, Rabu (24/11/21). (Tio Furqan / Haluan Padang)

HALUAN PADANG - Pengusaha muda yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Barat periode 2021-2024, Brian Putra Bastara menghadiri Entrepreneur Fair IV yang diselenggarakan di Universitas Andalas (Unand) kota Padang, Rabu (24/11/21).

Dalam acara tersebut, Brian hadir sebagai pemateri. Di sana Brian membahas sejumlah poin tentang kunci sukses dalam memulai sebuah usaha di era baru yang penuh perubahan serba cepat saat ini.  

"Dunia yang kita hidupi sekarang, adalah dunia yang mengalami perubahan sangat cepat, kompleks, tidak jelas dan cenderung tidak bisa ditebak. Perubahan ini tidak bisa dihindari. Jika kita tidak adaptif, maka hal seperti ini merupakan ancaman yang sangat besar. Namun sebaliknya, jika kita siap dan mengambil bagian, maka era baru ini bisa kita jadikan sebagai landasan pacu untuk kita terbang lebih jauh dari sebelumnya", ucapnya.

Ia juga mengatakan, di era yang penuh tantangan ini, kita dituntut agar dapat merespon dengan pola pikir dan pola kerja yang tidak sama seperti sebelumnya. Gaya tradisional sudah ketinggalan zaman, terlalu lamban, dan tidak efektif untuk lingkungan seperti ini.

Maka dari itu, kunci agar kita lebih siap dan mampu menanggapi ancaman perubahan ini adalah dengan menjadi Agile Superhero. Agile atau Bahasa indonesianya adalah ketangkasan.

Brian Putra Bastara menghadiri Entrepreneur Fair IV yang diselenggarakan di Universitas Andalas (Unand) kota Padang, Rabu (24/11/21). (Tio Furqan Haluan / Padang)

"Pertama kita harus memiliki pola pikir yang berkembang, pola pikir untuk selalu belajar banyak hal dan Proaktif. Kedua kita harus mampu mengetahui diri sendiri dengan baik, mampu bekerjasama dengan siapapun. Ketiga kita harus memiliki rasa ingin tahu, rasa ingin tahu ini mendorong kita untuk bereksperimen dan mencoba berbagai hal yang membuat kita memiliki banyak pengalaman", ucapnya.

Dilanjutkan Brian, hal keempat yang perlu dibangun adalah selalu memiliki keinginan kuat untuk sukses, ambisius dan selalu mencari jalan terbaik untuk mencapai hasil. Sementara hal keenam adalah berpikiran terbuka dan suka ditantang oleh ide-ide baru. Hal ini yang membuat kita lebih mudah memahami situasi. Terakhir, adalah mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat serta mengembangkan kreatifitas.

"Lalu, merubah pola kerja kita dengan asas 3 prinsip penting, yaitu consumer centric, membudayakan kolaborasi dan merencanakan ketidakpastian. Kita Harus punya komitmen untuk merubah pola pikir kita dan pola kerja agar siap merespon dan memainkan peran kita di masa ini dan depan nanti. Harus memulai melangkah dari sekarang, karena anak muda tidak punya waktu lagi untuk berdiam diri yang pada akhirnya membuat kita tergerus oleh arus perubahan yang makin hari makin menggila", tambahnya.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

X