Antisipasi Gelombang III Covid-19, BINDA Sumbar Kembali Gelar Vaksinasi Massal di Empat Kabupaten

- Rabu, 24 November 2021 | 09:05 WIB
Vaksinasi siswa sekolah
Vaksinasi siswa sekolah

HALUAN PADANG - Data rilis Gugus tugas percepatan dan penangan Covid-19 Sumatera Barat Senin kemarin menunjukkan, dari 150 sample spesimen yang diperiksa, tidak ada penambahan kasus baru alias "zero kasus". Meski demikian, ledakan kasus Gelombang ke III tetap saja berpotensi terjadi.

Letupan gunung es, masih tepat digunakan sebagai analogi untuk menggambarkan situasi saat ini. Dalam artian, tampak sedikit di permukaan padahal masih banyak kasus penularan yang belum terdeteksi.

Untuk mengantisipasi potensi ledakan kasus Gelombang ke III, Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat, Selasa 23 November 2021 kembali “menggempur” 4 Kabupaten dengan vaksin jenis Sinovac dan Pfizer.

Keempat Kabupaten tersebut yakni, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam dan Kabupaten Tanah Datar dengan target penerima dosis vaksin sebanyak, 5.170 yang terdiri dari 800 pelajar dan 4.370 masyarakat umum.

“Hari ini, program vaksinasi massal kita lakukan di 4 Kabupaten. Penerima vaksin di 4 Kabupaten ini, kita targetkan ada sebanyak 5.170 penerima. Sasarannya, pelajar dan masyarakat umum,” kata Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat Hendra, Selasa (23/11/21)

Hendra menegaskan, pihaknya akan terus gencar melaksanakan Program Vaksinasi massal di 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat, terutama di daerah yang persentase capaian vaksinnya masih rendah.

Program vaksinasi massal ini kata Hendra, sejurus dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang beberapa waktu lalu meminta Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jendral Pol Budi Gunawan untuk mengerahkan kekuatan personil dan stakeholder terkait di seluruh Indonesia untuk melaksanakan program vaksinasi massal dengan pola rumah ke rumah (Door to Door).

“Program vaksinasi massal yang dilakukan BINDA di seluruh Indonesia ini, tidak hanya dilaksanakan di titik episentrum Covid-19 saja, namun menyasar ke semua wilayah, tujuannya agar target capaian vaksin dan Herd Immunity atau "kekebalan kelompok", dapat segera tercapai,” ujar Hendra.

Dijelaskan Hendra, merujuk data Kementerian Kesehatan RI, persentase capaian vaksinasi di Sumatera Barat saat ini untuk dosis pertama baru menyentuh angka 49.86 persen dan 23.93 persen untuk dosis kedua.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

X