Kecam Kekerasan Seksual, Hendri Septa: Kita Kawal Sampai Tuntas

- Selasa, 23 November 2021 | 17:25 WIB
Wali Kota Padang Hendri Septa
Wali Kota Padang Hendri Septa

HALUAN PADANG - Wali Kota Padang, Hendri Septa berjanji bakal mengawal kasus kekerasan seksual yang marak terjadi belakangan di Padang sampai tuntas.

Ia mengatakan, persoalan ini akan menjadi perhatian khusus pemerintah untuk mengantisipasi agar tidak ada korban-korban baru.

"Saya mengutuk keras kejahatan seksual pada anak di bawah umur yang terjadi baru-baru ini di Kota Padang. Ini akan menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Kota Padang untuk mengungkap dan mengatasinya agar jangan ada lagi korban-korban selanjutnya," katanya.

Sejauh ini, Hendri Septa mengatakan, untuk mengatasi meningkatkanya kasus kekerasan pada anak diperlukan kerja sama semua pihak.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Seksual Anak Meningkat Hampir 100 Persen Di Kota Padang

Baca Juga: Maraknya Kasus Pelecehan Seksual Anak, Sekolah Perlu Kurikulum Kesehatan Reproduksi

Baca Juga: Ibu Korban Pemerkosaan Berjamaah di Padang Masih Berstatus Saksi

"Tidak hanya Pemko dan kepolisian, kita juga butuh dukungan ninik mamak, alim ulama, bundo kandung, tokoh masyarakat, keluarga, lingkungan sekitar dan pihak-pihak terkait lainnya," sebut dia.

Sebelumnya diketahui, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Padang mencatat peningkatan kasus kekerasan seksual terhadap anak pada tahun 2021.

Baca Juga: Sumbar Darurat Kekerasan Seksual

Peningkatan ini mencapai hampir 100 persen dibandingkan tahun 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Polresta Padang Kombes Pol Imran Amir dalam

"Berdasarkan data kasus yang kami tangani dari Januari hingga pertengahan November 2021 ini tercatat ada 85 kasus kekerasan seksual anak," ujarnya.

Jumlah 85 kasus tersebut meningkat hampir seratus persen dibandingkan pada 2020 dengan 48 kasus.

Baca Juga: Darurat Kekerasan Seksual, Inilah Deretan Kasus Pencabulan di Padang dalam Sepekan

Baca Juga: Polresta Padang Tangkap 8 Pelaku Cabul Selama November, Ini Deretan Kasusnya

Baca Juga: Perilaku Menyimpang, Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku Cabul Anak-Anak di Padang

Ia memaparkan ada lebih dari 85 anak yang menjadi korban dalam kasus kekerasan seksual pada 2021, mengingat dalam satu kasus terdapat dua korban atau lebih.

Menurutnya, sebagian besar pelaku merupakan orang dekat yang sering berinteraksi dengan korban.

Pelaku dalam kasus-kasus tersebut berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan, termasuk guru ngaji hingga penceramah.

Pihak Polresta Padang mengimbau seluruh pihak terkait agar turut berupaya mencegah serta mengantisipasi kejadian kekerasan seksual terhadap anak. Pihak yang dimaksud tersebut termasuk orangtua, sekolah, dan lainnya.

"Kami tegaskan bahwa Polresta Padang tidak akan main-main dalam menangani kasus ini, hukuman berat akan diterapkan," tegasnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X