Kejahatan Seksual Marak Terjadi di Sumbar, Athari : Harus Kita Berantas!

- Sabtu, 20 November 2021 | 20:16 WIB
Athari Gauthi Ardi
Athari Gauthi Ardi

HALUAN PADANG - Legislator muda Minangkabau, Athari Gauthi Ardi perihatin dengan tingginya Kasus kejahatan seksual yang terjadi di Sumatera Barat akhir-akhir ini. 

Berdasarkan berita di Haluan Padang, sejak September 2021 lalu tercatat ada 5 kasus pemerkosaan dan pencabulan. Sebanyak 4 di antara korbannya adalah anak-anak. Sedangkan 1 kasus lainnya adalah mahasiswi.

Sebagai seorang ibu, anggota DPR RI itu merasa khawatir terhadap keselamatan anak-anaknya dan anak-anak masyarakat.

“Tentu sebagai seorang ibu, apalagi memiliki anak perempuan yang masih kecil, saya sangat khawatir terhadap keselamatan mereka. Begitupun anak-anak kita di luar sana. Kasus ini menjadi peringatan bagi kita semua, terutama orang tua, agar selalu mengawasi anak-anak kita dimanapun berada,” Kata Athari Kepada Haluanpadang.com (19/11).

Menurut Athari, kasus kejahatan seksual tersebut bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya minimnya edukasi dan sosialisasi kepada orang tua tentang perlindungan terhadap anak, lemahnya hukum terhadap para pelaku dan kontrol sosial dari masyarakat.

“Kita tidak tau bagaimana setiap orang yang berada dilingkungan kita, apakah mereka punya kelainan dan hasrat untuk berbuat kejahatan seksual, kita kan tidak tau. Bagi saya setidaknya ada beberapa faktor utama penyebab hal ini terjadi. Pertama kelainan dan masalah mental pribadi pelaku yang akhirnya mendorong dia untuk melakukan hal tersebut. Kemudian lemahnya pengawasan orang tua terhadap anak, kurangnya perhatian untuk memberikan kepastian ruang aman bagi anak-anak mereka dan rendahnya kontrol sosial dari masyarakat, terakhir lemahnya kepastian hukum untuk memberi efek jera kepada para pelaku” Ungkap Athari.

Anggota DPR RI itu mengutuk pelaku kekerasan seksual tersebut dan meminta pelaku dihukum seberat-beratnya.

“Perilaku menyimpang seperti ini tidak boleh terus terjadi, ini tidak boleh dibiarkan. Jujur saya sangat mengutuk para pelaku kejahatan seksual itu. Saya berharap para pelaku dihukum seberat-beratnya hingga menimbulkan efek jera,” Ujar Athari.

Athari meminta agar pemerintah, melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk menghadirkan kebijakan dan kepastian hukum agar ada efek jera terhadap pelaku dan perlindungan terhadap korban.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB

Komite I DPD RI Siapkan Revisi UU Pemerintah Aceh

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:47 WIB
X