Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi Periksa Belasan Saksi Kasus Dugaan Korupsi Dana Covid di Payakumbuh

- Senin, 15 November 2021 | 18:20 WIB
Satgas Pemberantasan Korupsi ketika melakukan penggeledahan/Dekadepos.
Satgas Pemberantasan Korupsi ketika melakukan penggeledahan/Dekadepos.

HALUANPADANG.COM – Penyidikan dugaan korupsi penggunaan dana Covid-19 rupanya sudah lama dilakukan oleh Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi. Selain melakukan penggeledahan, satgas juga telah memeriksa belasan saksi.

Pemeriksaan belasan saksi itu dilakukan secara bertahap. Kasusnya juga berjalan dari pengumpulan barang bukti, penyelidikan hingga kini masuk ke tahap penyidikan.

“Selain mendatangi sejumlah instansi, banyak juga yang sudah dimintai keterangan. Kalau dihitung jumlahya telah belasan,” terang Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Payakumbuh, Suwarsono didampingi Kasipidsus, Satria Lerino dan Kasi Intel, Robby Prasetya, Senin (12/11/2021) siang.

Saksi yang diperiksa kebanyakan berasal dari instansi yang terkait dengan penggunaan dana Covid-19 tahun 2020. Namun, Kajari tidak merinci, siapa saja yang diperiksa tersebut.

Dalam waktu dekat, ada kemungkinan tersangka yang ditetapkan. Namun penetapan itu mesti sesuai dengan alat bukti yang didapatkan kejaksaan. “Sabar saja, nanti akan diekspose secara terang kasusnya ke publik,” papar Suwarsono.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Dana Covid, Dua Bank Turut Digeledah Satgas Pemberantasan Korupsi di Payakumbuh

Kajari berharap dukungan dari publik untuk menuntaskan perkara ini. “Mohon dukungannya, dalam waktu dekat kami akan segera melakukan gelar perkara agar kasus ini kian jelas. Dukungan publik sangat penting bagi kami,” harap Kajari Suwarsono.

Diketahui, penggeledahan dilakukan secara bertahap oleh tim kejaksaan yang berasal dari Seksi Pidana Khusus (Pidsus) dan tim intel. Jaksa mulai bergerak sekitar pukul 09.00 WIB. Dinas pertama yang digeledah jaksa adalah Dinas Kesehatan (Dinkes) Payakumbuh yang berada di Kawasan Sawah Padang.

Pantauan wartawan, setelah sampai, jaksa langsung masuk ke ruangan kepala dinas, dan melakukan penggeledahan. Ruangan bendahara dinas dan Gudang tak luput dari penggeledahan. Penggeledahan dilakukan dilantai dua.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

X