Dideportasi dari Malaysia, Ekonomi 9 Perantau Minang Bakal Dibantu Pemerintah

- Minggu, 14 November 2021 | 17:45 WIB
Sembilan perantau Minang yang dideportasi
Sembilan perantau Minang yang dideportasi

HALUAN PADANG - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Padang memulangkan sembilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumatera Barat yang dideportasi dari Malaysia ke daerah mereka masing-masing, Minggu (14/11/2021).

Sembilan PMI asal Sumbar tersebut merupakan bagian dari 386 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dideportasi pihak Malaysia pada tanggal 1 November 2021 lalu karena kedapatan bekerja di wilayahnya tanpa surat-surat resmi atau non prosedural.

Terkait dengan itu, Fungsional Pengantar Kerja Ahli Muda Disnakertrans Sumbar, Sri Rizki turut menambahkan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar akan memberikan pelatihan Kerja dan Usaha kepada mereka yang dipulangkan agar mereka bisa berkegiatan untuk menopang ekonominya.

"Kita akan mencoba memberikan pelatihan kerja serta usaha kepada mereka agar bisa berkegiatan sesampai di daerah masing-masing, nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak BLK untuk peningkatan keterampilan kerja mereka," katanya.

Baca Juga: Sembilan Perantau Minang Dideportasi dari Malaysia

Dalam hal ini, pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di luar negeri nanti.

Dengan melalui prosedur yang ditetapkan, salah satunya mendapatkan informasi untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia melalui BP2MI Padang, dengan harapan para PMI akan mendapatkan perlindungan sepenuhnya dari negara agar bisa bekerja secara baik untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Diketahui, sebelum dipulangkan ke daerah mereka masing-masing, kesembilan PMI tersebut dilakukan pendataan dan pemeriksaan psikologi di gedung Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPKS) Regional I Sumbar di Padang.

"Sembilan PMI asal Sumbar ini berasal dari Kabupaten Pariaman, Agam, Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari tiga orang berjenis kelamin perempuan dan enam orang laki-laki, mereka diantarkan sampai ke rumah masing-masing didampingi tim", kata Valerie.

Sementara, Kepala BPPKS Regional 1 Sumbar, Sunarti mengatakan, pada saat pemulangan, pemerintah langsung hadir untuk memberikan kenyamanan terhadap mereka dengan menerima secara baik di BPPKS untuk kedatangan mereka dari Jakarta

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB
X