Pemko Padang akan Menyalurkan Rp 26 miliar Bantuan Dana Hibah ke 1.048 Penerima

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:18 WIB
Kabag Kesra Setda Kota Padang Fuji Astomi/ foto: istimewa
Kabag Kesra Setda Kota Padang Fuji Astomi/ foto: istimewa

HALUANPADANG.COM- Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Kesra Setda) akan menyalurkan bantuan dana hibah dari program pemko dan Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Anggota Dewan sebesar Rp 26 miliar kepada 1.048 lembaga nirlaba di Kota Padang.

Oleh karenanya, Kesra Kota Padang Fuji Astomi menegaskan bahwa setiap lembaga penerima hibah harus memiliki legalitas yang disahkan oleh kementerian terkait.

Fuji Astomi mengatakan, penyaluran dana hibah yang tidak sesuai dengan ketentuan akan sangat berisiko pada hal-hala yang tidak diinginkan nantinya.

"Kita tidak mungkin memberikan dana hibah kepada orang yang tidak punya legalitas," kata Kabag Kesra Setda Kota Padang itu, Rabu (27/10).

Oleh karenya, berkas penerima hibah akan diverifikasi secara ketat agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Ia juga menjelaskan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, pengelolaan hibah mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, verifikasi sampai pencairan dan pertanggungjawaban sepenuhnya dilaksanakan oleh Bagian Kesra.

Fuji juga meminta kerja sama semua pihak terutama pengurus penerima hibah untuk melengkapi berkas-berkas persyaratannya, "Karena kalau dalam verifikasi berkas tidak lengkap, apalagi tidak punya legalitas maka dana hibah tidak bisa dicairkan," tutur fuji.

Sebelumnya, bantuan dana hibah diatur dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 32 tahun 2011 Tentang Pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Editor: Nuraini

Sumber: Pemerintah Kota Padang

Tags

Terkini

Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB
X