Selama Tahun 2021, 29 Kecelakaan Mobil vs Kereta Api Terjadi di Sumbar, Meningkat Dibanding 2020

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 15:42 WIB
Salah satu mobil tertabrak oleh Kereta Api di Padang
Salah satu mobil tertabrak oleh Kereta Api di Padang

HALUANPADANG.COM - Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar) selama tahun 2021 telah terjadi 29 kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api.

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Erlangga Budi Laksono kepada harianhaluan.com.

"Untuk bulan Oktober 2021, telah terjadi kecelakaan lalu lintas antara mobil dengan kereta api sebanyak satu kali. Namun, untuk dalam periode tahun 2021 sudah 29 kali," kata Erlangga.

Angka tersebut bertambah jika dibandingkan dengan data kecelakaan yang melibatkan kereta api di Sumbar pada tahun 2020. Tahun 2020 tercatat terjadi 21 kecelakaan yang melibatkan kendaraan dan kereta api.

Mengingat banyaknya perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan dekatnya jalur kereta api dengan pemukiman masyarakat Erlangga mengingatkan masyarakat agar berhati-hati.

"Kami selalu mengimbau agar masyarakat pengguna jalan raya selalu berhati-hati saat akan melewati perlintasan sebidang," ujar Erlangga.

Selain itu, Erlangga juga meminta, masyarakat atau pengendara mengurangi kecepatan, berhenti sejenak, dan pastikan tidak ada kereta yang melintas.

"Dahulukan perjalanan kereta api sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 114, serta PM Nomor 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api Dengan Jalan," imbuh Erlangga.(*)

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X