Sumbar Diguncang 15 Kali Gempa dalam Sepekan, Terbanyak 9 Oktober Lalu

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 17:52 WIB
Gambar Ilustrasi Gempa (jubi.co.id)
Gambar Ilustrasi Gempa (jubi.co.id)

HALUAN PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat, dalam sepekan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diguncang gempa sebanyak 15 kali.

Koordinator data dan informasi BMKG Padang Panjang, Hamdi Arifin mengatakan, gempa yang mengguncang Sumbar tersebut akibat aktifitas 3 lempengan aktif.

"Yakni Lempeng Subduksi, Mentawai Fault System (MFS) dan Sumatera Fault System (SFS)," katanya sembari menjelaskan kekuatan gempa tersebut berkisar antara 2 hingga 4,2 Skala Richter.

Rata-rata kata dia, gempa tersebut berasal dari kedalaman yang bervariasi dengan kisaran 60 sampai 300 kilometer di bawah permukaan laut.

"Sedangkan pada umumnya gempa berkekuatan besar terjadi di kedalaman 60 kilometer atau lebih dangkal dari itu," sebut dia.

Hamdi menyebutkan, gempa itu tidak terjadi setiap hari. Namun ada satu waktu, Sumbar diguncang gempa sebanyak 7 kali, yakni pada 9 Oktober 2021 lalu.

Kemudian pada tanggal 11 dan 14 terjadi 3 kali gempa. Sedangkan pada tanggal 10 dan 12 terjadi masing-masing satu kali gempa.

"Kendati sering diguncang gempa sepekan ini, getaran tidak berdampak berupa kerusakan. Namun begitu masyarakat diminta untuk selalu waspada," ucap Hamdi.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

X