Update Gempa Bali: 3 Orang Meninggal Dunia, Belasan Luka dan Picu Longsor

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:17 WIB
Dokumentasi @DaryonoBMKG
Dokumentasi @DaryonoBMKG

HALUANPADANG.COM - Gempa berkekuatan 4,8 Magnitudo mengguncang Pulau Bali pada sabtu, 16 Oktober pukul 03.18 WIB. Gempa yang berada di daratan tersebut menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, di Kabupaten Karangasem terdapat satu warga yang meninggal dunia.

Dua orang lainnya yang berada di Kabupaten Bangli juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa dini hari tersebut.

"(Terdapat pula) tujuh warga mengalami luka berat. Mereka yang luka-luka telah dievakuasi ke puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem," kata Abdul.

"Masih di wilayah Bangli, empat warga yang sempat tertimbun material bangunan dapat diselamatkan tim SAR. Sedangkan empat lainnya berhasil melakukan evakuasi mandiri," ujar Abdul.

Selain mengakibatkan korban jiwa dan belasan terluka, gempa di kedalaman 10 kilometer tersebut juga mengakibatkan tanah longsor di Kabupaten Bangli.

"Ada tiga titik longsoran dari Bukit Abang sehingga menghambat proses evakuasi melalui akses darat. Tim SAR akan menggunakan akses danau untuk proses evakuasi," kata Abdul.

Sedangkan berdasarkan postingan dari @daryonoBMKG tampak sejumlah kerusakan bangunan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.(*)

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X