Dua Cafe di Padang Mulai Terapkan SE Wajib Vaksin Bagi Pengunjung, Begini Aturannya

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:07 WIB
Suasana di Cafe Kedai Kopi Nipah, Kota Padang
Suasana di Cafe Kedai Kopi Nipah, Kota Padang

HALUAN PADANG - Sejumlah cafe di Kota Padang mulai menerapkan wajib vaksinasi bagi pengunjung, sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Padang, Hendri Septa yang diterbitkan pada Senin (11/10) lalu.

Dalam Surat Edaran yang bernomor 400.1014/BPBD-PdgX/2021 itu memuat empat poin yang ditandatangani langsung oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa.

SE Pemkot Padang ini menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sumatra Barat perihal Pemberlakuan Wajib Vaksinasi Covid-19 pada Mall/ Swalayan/ Mini Market dalam pegendalian Penyebaran Covid-19.

Salah dua cafe tersebut adalah Kedai Kopi Nipah (KKN) dan Hot Station. Kedua cafe ini terletak di Jalan Nipah dan Jalan A.R Hakim, Kecamatan Padang Selatan.

Pemilik Kedai Kopi Nipah, Junaidi Tjoa mengatakan, pihaknya sejak pemerintah menerapkan pengetatan kegiatan masyarakat, selalu mematuhi aturan tersebut.

Bahkan, dirinya pun menerapkan agar pengunjung memiliki aplikasi PeduliLindungi yang berisi data vaksinasi, seiring dengan imbauan pelaksanaan vaksinasi.

"Dulu saat aturan wajib masker, saya di KKN juga menerapkannya. Sekarang saat pemerintah mewajibkan vaksinasi bagi pengunjung, saya juga laksanakan. Sebab ini demi kepentingan banyak orang," katanya, Jumat (15/10) malam.

Sebelum menerapkan aturan itu pada pengunjung, Junaidi mengungkapkan dirinya juga telah mewajibkan seluruh karyawan cafe untuk vaksinasi. Bahkan jauh sebelum pemerintah menerbitkan SE tersebut.

"Karyawan saya sudah vaksin dosis 1 dan 2 sejak 3 bulan yang lalu. Ini adalah kepentingan bersama, karena saya tidak mau berlama-lama tertekan kondisi ekonomi yang memburuk akibat PPKM," jelas Junaidi.

Sementara itu, di Cafe Hot Station juga berlaku aturan demikian. Bahkan, pengunjung yang akan masuk ke area cafe tersebut melalui pemeriksaan 3 lapis.

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

X