Sumbar Raih Penghargaan Terkait Kesetaraan Gender, Nurani Perempuan: Belum Pantas!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:07 WIB
Ilustrasi kekerasan perempuan (Dok.Pixabay)
Ilustrasi kekerasan perempuan (Dok.Pixabay)

Haluan Padang—Pemprov Sumbar menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian PPPA terkait keberhasilan wujudkan kesetaraan gender, pada Rabu (13/10).

APE sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Menanggapi hal tersebut, Meri Rahmi Yanti, Direktur Nurani Perempuan WCC, menyebut Pemprov Sumbar belum pantas menerima penghargaan tersebut.

“Ketika penghargaan ini didapatkan, kita merasa ini belum pantas. Karena yang kita harapkan, sudahkah pemerintah menyiapkan anggaran untuk pengarusutamaan gender, pemenuhan hak perempuan, anak?"

Meri memberikan contoh, “ketika kami sebagai pendamping korban menerima keluhan korban KDRT atau kehamilan yang tidak diinginkan akibat perkosaan, lalu harus masuk rumah aman, apakah pemerintah punya anggaran untuk itu?”

Menurutnya, jika pemerintah belum bisa memberi jawaban untuk persoalan tersebut, maka belum pantas untuk mendapat penghargaan. “Kalau memang dapat penghargaan, harusnya kita jadi lebih baik, anggaran meningkat untuk penanganan masalah gender."

Meri juga mengingatkan, dengan diterimanya penghargan itu tidak berarti Sumatera Barat telah berhasil mengatasi berbagai persoalan terkait gender dan anak. 

“Jika Sumbar dapat penghargaan, berarti daerah kita dianggap sudah baik. Namun daerah kita belum sebaik itu, masih banyak hal yang harus diperbaiki di Sumbar,” terang Meri.

Salah satu yang perlu dibenahi adalah perekonomian. Menurut Meri, kondisi perekonomian yang "morat-marit" terlebih di masa pandemi, turut mendorong meningkatnya angka kekerasan di dalam rumah tangga, juga kekerasan terhadap perempuan dan anak secara umum.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

X