Kendalikan Pencemaran Udara, DLH Padang Uji Emisi Gas Buang 1.000 Kendaraan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HALUAN PADANG - Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang menguji kadar emisi gas buang kendaraan bermotor. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengendalian pencemaran udara di Kota Padang.

Pengujian kadar emisi gas buang ini digelar di dua lokasi berbeda yakni pelataran parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Lolong dan di pelataran parkir Bank Nagari Cabang By Pass.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon mengatakan, proses pengujian tersebut dilakukan dua hari, dan telah dimulai sejak Rabu (13/10) kemarin dan hari ini, Kamis (14/10).

"DLH menargetkan 1.000 unit kendaraan pribadi dan dinas milik pemerintah menjalani uji emisi," katanya.

Menurut dia, kegiatan uji emisi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat emisi gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bensin dan solar.

Hasil uji emisi yang dianalisa dan dievaluasi juga menjadi salah satu masukan untuk pengambilan kebijakan dalam pengendalian pencemaran udara di Kota Padang.

Kegiatan tersebut juga bertujuan mendorong peran serta bengkel-bengkel di Kota Padang dalam melakukan uji emisi kendaraan bermotor.

"Kita berharap dengan uji emisi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraannya dalam rangka meminimalisir polusi udara yang ditimbulkan," pungkas Mairizon.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X