Harimau di Solok Selatan Tidak Muncul Lagi, BKSDA Terus Lakukan Pemantauan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:46 WIB
Pemuda yang bernama Abu Bakar (20), Warga Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin, Jambi yang tewas diterkam harimau.  Itu terjadi saat korban dengan ketiga temannya sedang mencari sinyal HP di atas Bukit Ternenit yang berada di desa tersebut, Rabu (13/10) sore. (Foto: Dok Net/ Istimewa).
Pemuda yang bernama Abu Bakar (20), Warga Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin, Jambi yang tewas diterkam harimau. Itu terjadi saat korban dengan ketiga temannya sedang mencari sinyal HP di atas Bukit Ternenit yang berada di desa tersebut, Rabu (13/10) sore. (Foto: Dok Net/ Istimewa).

 

HALUANPADANG.COM - Tiga ekor harimau yang sempat muncul di ladang milik warga di Sungai Ipuh Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan tidak ditemukan lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar), Ardi Andono setelah dilakukan pemantauan sejak 5 Oktober 2021.

Akan tetapi, menurut Ardi Ardiono BKSDA masih melakukan pemantauan melalui kamera trap di lokasi tersebut agar benar-benar bisa memastikan keberadaan ketiga harimau.

"Berdasarkan laporan Wali Nagari dan Bhabinkamtibmas serta tim TNKS. Sejak tanggal 5 sampai hari ini ketiga Harimau Sumatera tersebut tidak menampakan diri lagi dan jejak tidak ditemukan. Untuk memastikan keberadaan Harimau, kamera trap masih terpasang dilokasi tersebut," ucap Ardi.

Dengan hasil pemantauan di lokasi tersebur Ardi juga menyebutkan bahwa saat ini penanganan konflik ketiga harimau dengan warga dinyatakan tuntas.

Selanjutnya, pihaknya tetap melakukan edukasi sekaligus peningkatan kewaspadaan, seperti tidak membiarkan ternak di pinggir hutan, atau imbauan agar pulang dari ladang sebelum gelap, terus dilakukan melalui monitoring dan komunikasi kepada aparat desa/nagari serta miminta warga membuat meriam karbit dari bambu.

"Terkahir, Kami terus menekankan kepada aparat penegak hukum, melalui Babinsa/Bhabinkamtibmas, agar melaporkan situasi secara berkala kepada otoritas BKSDA atau TNKS," tutupnya. (*)

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X