Sah! Padang Keluar dari PPKM Level 4

- Senin, 11 Oktober 2021 | 19:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)

HALUAN PADANG - Pemerintah Pusat menyampaikan ada dua Kota di Indonesia di luar Jawa-Bali yang keluar dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto mengatakan dua kota tersebut adalah Padang dan Banjarmasin. Kedua kota itu dinyatakan turun level 3 dan 2.

"Keduanya, Kota Padang dan Kota Banjarmasin," katanya. Kendati begitu, Airlangga tidak menyebutkan level PPKM yang akan dilaksanakan oleh dua kota tersebut.

Saat ini, kata dia, mayoritas kabupaten kota di luar Jawa Bali sudah menerapkan PPKM level 3 dan 2.

Tercatat hingga minggu lalu, masih ada 6 daerah yang jadi perhatian pemerintah. Sehingga, statusnya masih bertahan PPKM Level 4.

Keenam daerah tersebut yaitu Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan.

Dengan demikian, daerah selain Padang dan Banjarmasin masih akan tetap menerapkan PPKM Level 4 hingga evaluasi berikutnya pada 18 Oktober 2021.

Di sisi lain, Airlangga mencatat positivity rate di lima daerah turun. Mulai dari Pidie, Bangka, Padang, Bulungan, dan Tarakan.

Target pemeriksaan Covid-19 juga tercapai di tercapai di daerah-daerah yang jadi soroton ini, kecuali Pidie, Bangka, dan Bulungan.

"Sementara vaksinasi 4 daerah rata-rata di bawah nasional," kata dia.

Sementara di tingkat provinsi, sejak minggu lalu sudah ada yang berstatus PPKM Level 4. Dari 27 provinsi, kata dia, sebanyak 3 provinsi berada di level 3, 22 provinsi level 2, dan dua provinsi di level 1.

Minggu lalu, hanya ada Kepulauan Riau yang berada di level 1. Sehingga minggu ini, ada tambahan provinsi baru yaitu Nusa Tenggara Barat.

Sementara dari sisi transmisi komunitas, Airlangga menyebut 2 provinsi berada di PPKM tingkat 2 dan 24 provinsi di tingkat 1.

"Minggu ini terjadi penurunan (tingkat transmisi) di Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Barat," kata dia.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

X