Sirompak, Mantra Cinta Kuno dari Luak Nan Bungsu

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 15:40 WIB
Ilustrasi Dukun
Ilustrasi Dukun

HALUANPADANG.COM – Urusan cinta kadang membuat seseorang hilang logika. Segala cara akan ditempuh asal kekasih hati bisa dimiliki. Bahkan, ada yang meminta bantuan dari alam gaib alias menggunakan cara klenik. Tak heran jika dukun masih laris di Indonesia.

Masing-masing daerah rupanya punya cara-cara klenik untuk menaklukkan hati seseorang. Termasuk di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar).

Pelet yang dimaksud tidak berkaitan dengan ramuan, melainkan sebuah nyanyian yang dibumbui mantra. Namanya Sirompak.

Sirompak adalah sebuah ritual menyanyikan syair dan mantra. Paket penakluk hati yang dilengkapi satu set alat musik dan panggung yang tidak biasa itu bukanlah sembarang nyanyian.

Baca Juga: Kisah Sedih Keluarga Asal Ranah Minang: Terpaksa Tinggal di Hutan Jawa, Satu Atap dengan Hewan

Ia bisa membangunkan dengan paksa siapa yang dituju, termasuk memerintahkan para korban memanjat dinding layaknya laba-laba.

"Sirompak ini biasanya dimainkan dengan satu alat musik tiup yang juga sarat dengan unsur mistisnya. Namanya Sampelong. Alat musik tiup ini dibuat saat ada orang yang mati berdarah di kampung dukun tersebut dan dilubangi kala si mayat memasuki liang lahat," ujar Albert Rahman Putra, peneliti dan penggiat kesenian yang bermukim di Solok, Sumbar, kepada Liputan6.com, Selasa (5/12/2016) dini hari.

Sampelong, alat musik tiup dengan 4 buah lubang itu hampir serupa dengan saluang --suling khas Minang-- tapi sedikit lebih panjang. Bunyinya mirip gema terompet perang di tengah rimba.

Baca Juga: Sumbar Berpotensi Dilanda Bencana Hingga Desember, Gubernur Tetapkan Status Siaga Darurat

Sementara tempat atau panggung memainkan sirompak ini biasanya berada di tanjung, bukit dan daerah ketinggian yang sepi. Tentunya dinyanyikan pada tengah malam atau dini hari menjelang Subuh.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

X