HIPMI Sumbar dan BRI Sepakat Menjadi Mitra UMKM

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 11:23 WIB
Jajaran HIPMI Sumbar dipimpin Ketum Brian Putra Bastara berfoto bersama dengan jajaran BRI Padang usai berdiskusi tentang UMKM, Jumat malam.
Jajaran HIPMI Sumbar dipimpin Ketum Brian Putra Bastara berfoto bersama dengan jajaran BRI Padang usai berdiskusi tentang UMKM, Jumat malam.

HALUANPADANG.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat terus bergerak mencari ide, gagasan dan peluang untuk mendongkrak perekonomian Usaha Mikro  Kecil Menengah (UMKM). Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM itu sendiri.

Teranyar, Ketua Umum HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara bersama jajaran pengurus mendorong Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu percepatan pertumbuhan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, terutama Sumatera Barat (Sumbar).

Dorongan itu disampaikan Brian ketika menggelar pertemuan dengan Kicky A Davetra, Senior Vice President, Head of BRILink Netrowk Division yang didampingi  Pimpinan Cabang BRI Padang, Zulherman Isfia dan S Eka Yudaningsih sebagai Regional SME & Cunsumer Banking Head.

Pertemuan yang digelar pada Jumat (8/10/2021) malam, berlangsung hangat, baik Brian sebagai Ketum HIPMI Sumbar, atau Zulherman sebagai pimpinan bank, saling melempar gagasan untuk membantu UMKM.

Baca Juga: Silaturrahmi dengan Gubernur, BPD HIPMI Sumbar Siap Berkolaborasi Wujudkan Sumbar Madani

UMKM ini sektor yang sangat penting. Kontribusinya untuk perekonomian, khususnya Sumbar sangat besar. Sebab itu, semua pihak harus berkomitmen untuk mempercepat pengembangan UMKM. HIPMI sebagai wadah berkumpulnya pengusaha muda, sudah menasbihkan diri untuk memperjuangkan nasib UMKM,” tegas Brian.

Data statistik Sumbar tahun lalu, jumlah UMKM di Sumbar sebanyak 593.100. Dari jumlah tersebut, terdiri dari mikro sebanyak 531.350 atau 89,59 persen.

Sedangkan pelaku usaha kecil sebanyak 53.431 atau 90,1 persen, pelaku usaha menengah sebanyak 7.990 atau 1,33 persen dan untuk pelaku usaha besar sebanyak 419 atau 0,007 persen.

Banyaknya jumlah UMKM disebutkan Brian sebagai potensi jika dikelola dengan baik.

Baca Juga: Dorong Penguatan Ekonomi Keumatan, HIPMI Sumbar Audensi dengan Direksi Bank Nagari

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

X