Cuaca Buruk Bikin Penghasilan Nelayan di Padang Terjun Bebas

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:14 WIB
Ilustrasi perahu nelayan. (Foto: Portal Republik/ Hamiarso T.K)
Ilustrasi perahu nelayan. (Foto: Portal Republik/ Hamiarso T.K)

HALUAN PADANG - Cuaca buruk yang terjadi sekitar satu bulan lebih berdampak pada hasil tangkapan nelayan di Kota Padang, Provinsi Sumbar. Seperti yang diungkapkan nelayan Purus yang terdampak perubahan cuaca akhir-akhir ini.

Salah satu nelayan, Abdi mengungkapkan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya karena mempertimbangkan karena kondisi cuaca. Sebab jika cuaca buruk terjadi nelayan mesti akibat tingginya gelombang.

Jika biasanya bisa membawa rata-rata 1 sampai 2 baskon ikan setiap pagi. Namun kini, kata Abdi, para nelayan hanya bisa mendapatkan 2 plastik saja.

"Kalau cuacanya bagus ikan banyak dapat. Kami menjual ini langsung ke agen. Kalau harga satu baskob Rp400 ribu, dua baskob Rp800 ribu," ujar Abdi, Selasa (5/10/2021).

Begitu juga dari segi pendapatan, Abdi mengaku hanya bisa menghasilkan Rp400.000 sampai Rp800.000 per hari. Namun kini hanya Rp60.000 per hari.

"Dari segi pendapatan kami jauh berkurang, bisa dikatakan minus. Sekarang hanya bisa Rp60 ribu per hari, itu pun juga dibagi 6 per kepala, artinya kami hanya dapat Rp6 ribu per kepala," jelas Abdi.

Bukan hanya cuaca yang mengganggu aktivitas nelayan saat melaut, kata Abdi, sampah yang sering tersangkut juga merusak jaring nelayan.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X