Jadi Jantung Pemulihan Pendidikan: Guru Sedunia, Bersatulah..

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:01 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HALUAN PADANG - Setiap tahun tanggal 5 Oktober, dunia memperingati Hari Guru Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai dan memberi penghargaan untuk seluruh profesi guru yang ada di dunia.

Hari Guru Sedunia telah diperingati selama 27 tahun dimulai sejak 5 Oktober 1994. Hari Guru Sedunia ini dicetus oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa UNESCO bersama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF, dan Education Internasional.

Sejarah awal Hari Guru Sedunia ini untuk memperingati penandatanganan ILO dan UNESCO mengenai status guru. Penandatanganan tersebut akan menjadi tolak ukur bagi pendidikan, rekrutmen, kondisi, dan perkerjaan guru.

Melansir dari laman resmi UNESCO, tema yang diusung pada tahun 2021 adalah "Guru di Jantung Pemulihan Pendidikan". Diharapkan dengan tema ini bisa memberikan dukungan bagi para guru untuk memulihkan proses pendidikan.

Apalagi setelah pandemi, guru akan menghadapi persoalan tentang pemulihan sistem pendidikan pasca pandemi.

Dalam catatan UNESCO, selama pandemi profesi guru di dunia juga terkena imbasnya. Dari akses metode pembelajaran jarak jauh, pengembangan profesional guru, peningkatan beban kerja, hingga upah guru yang tertunda selama berbulan-bulan. Hal-hal seperti ini yang membuat orang-orang meninggalkan profesi gurunya.

Agar sistem pendidikan di dunia bisa pulih, UNESCO mencatat harus ada peningkatan kualitas dan kuantitas profesi guru.

Jika, 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia, di Indonesia hari guru diperingati pada tanggal 25 November mendatang. Hari Guru Nasional bertepatan juga dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Peringatan ini bertujuan untuk menghargai perjuangan dan peran profesi guru sebagai sosok pengubah yang inovatif, kreatif dan berdedikasi.

[MAGANG | Indra Trianto ]

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X