Fakta Ganda, Bang Napi di Padang: Bisa Main Facebook Dalam Penjara, Gonta-ganti Nomor Ponsel Hingga Menipu

- Selasa, 28 September 2021 | 07:54 WIB
Ilustrasi Penipuan Lewat Media Sosial
Ilustrasi Penipuan Lewat Media Sosial

HALUANPADANG.COM – Kasus akun bodong petinggi Polda Sumbar dengan pelaku napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Padang menguak fakta lain kehidupan dalam penjara. Entah bagaimana caranya, pelaku yang bernama Ganda mendapatkan akses untuk melancarkan aksi penipuannya.

Dirangkum dari putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Padang, berikut fakta tentang Ganda, penipu yang membuat akun bodong atas nama Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimum) Polda Sumbar, Kombes Joko Sadono:

 

  1. Terpidana, Tapi Punya Smartphone

Walau berstatus warga binaan atau narapidana, Ganda rupanya tetap bisa memiliki smartphone, dan bisa menggunakannya di dalam penjara. Padahal, aturan yang berlaku, warga binaan tidak boleh memiliki, atau membawa alat elektroni, termasuk smartphone ke dalam penjara. Lalu, kenapa Ganda bisa memilikinya?

 

  1. Bisa Main Facebook di Penjara

Ganda ternyata mahir melakukan penipuan lewat media sosial. Bahkan, dalam kondisi di penjara, Ganda masih bisa mengakses facebook, dengan membuat akun bodong atas nama Kombes Pol Joko Sadono.

 

  1. Gampang Gonta-ganti Nomor HP

 

Tidak hanya sekadar punya smartphone, Ganda ternyata bisa berulangkali menukar nomor ponselnya, dan membeli kartu baru. Hal ini terungkap di persidangan. Ganda mengaku, selesai menipu dan menguras uang korban penipuannya, dia langsung mematahkan kartu sim card, dan menggantinya dari yang baru. Pertanyaannya, darimana Ganda mendapatkan nomor baru, sementara badannya terkurung?

 

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X