KAI Bakal Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api di Tanah Datar

- Minggu, 26 September 2021 | 19:13 WIB
Kereta Api Indonesia (kai.id)
Kereta Api Indonesia (kai.id)

HALUANPADANG.COM - PT Kereta Api Indonesia bakal mengaktifkan kembali operasional kereta api di Kabupaten Tanah Datar. Reaktifasi layanan transportasi itu bakal digawangi oleh KAI Divre II Sumbar.

Komisaris PT KAI Cris Kuntadi mengatakan rencananya reaktifasi ini akan dilaksanakan tahun ini, namun karena keterbatasan anggaran pihaknya baru merealisasikan rencananya tersebut di Kota Sawahlunto-Muaro Kalaban.

Ia menyebutkan, untuk di Tanah Datar sendiri, reaktifasi layanan kereta api ini tidak menutup kemungkinan bakal sampai Nagari Batu Taba Batipuh Selatan.

"Kami sangat mendukung niat baik dari Pemerintah Tanah Datar untuk mendorong peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat," katanya dalam sebuah pernyataan resmi.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pun menyambut rencana KAI dengan tangan terbuka. Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menilai reaktifasi kereta api di Tanah Datar bisa mendorong perekonomian masyarakat.

"Pemkab Tanah Datar menyambut baik rencana pengaktifan kembali jalur kereta api yang melewati wilayah Tanah Datar. Karena membuat distribusi barang maupun orang lebih murah dan efisien," sebut dia.

Ia pun berharap, pemerintah daerah bisa ikut andil dalam hal pengelolaan aset perusahaan pelat merah tersebut.

"Namun kalau tidak, kita akan bantu dan upayakan bagaimana seluruh aset PT. KAI yang ada bisa termanfaatkan dan terjaga dengan baik," jelas Richi mengakhiri.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X