Pemprov Sumbar Butuh Anggaran Besar Demi Atasi Masalah di Dua TPA, Jumlahnya Fantastis

- Minggu, 26 September 2021 | 16:20 WIB
Tumpukan sampah di TPST Bantargebang (Wikipedia)
Tumpukan sampah di TPST Bantargebang (Wikipedia)

HALUANPADANG.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan anggaran besar untuk mengatasi masalah pada dua Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Padang dan Kota Payakummbuh.

Anggaran besar tersebut diketahui mencapai Rp34 miliar, rencananya anggaran tersebut bakal dipakai untuk mengatasi masalah lahan dan pengelolaan sampah.

Demi mencukupi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pemerintah bakal menyiapkan dana pendamping dari APBD jika APBN tidak sanggup membiayai rencana tersebut.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk pengembangan TPA di Sumbar cukup besar sekitar Rp34 miliar," katanya.

Mahyeldi menjelaskan, pengembangan untuk TPA Aia Dingin Padang akan dilengkapi dengan pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) yang berfungsi untuk memusnahkan sampah sekaligus menjadi bahan penghasil energi.

Sementara untuk TPA Regional Payakumbuh dengan pembangunan sel baru untuk mengantisipasi kondisi yang sudah kelebihan kapasitas.

Ia menegaskan persoalan TPA ini sangat mendesak mengingat banyak persoalan sosial yang akan mengiringi jika tidak diselesaikan secepatnya.

"TPA Aia Dingin Padang diperkirakan akan penuh pada 2026 jika tidak segera diantisipasi sedangkan TPA Regional Payakumbuh terancam jebol karena kelebihan kapasitas," jelas dia kemudian.

Di sisi lain, anggaran pendamping dari APBD akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan, sementara anggaran untuk pengembangan lain diharapkan melalui APBN.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X