Pemko Padang Targetkan 18 Ribu Penerima Banso Sudah Divaksin dalam Sepekan

- Kamis, 23 September 2021 | 15:26 WIB
Ilustrasi alat vaksin (Pixabay)
Ilustrasi alat vaksin (Pixabay)

HALUANPADANG.COM - Pemerintah Kota Padang mempercepat proses vaksinasi, khususnya untuk masyarakat penerima Bantuan Sosial (Bansos). Percepatan dilakukan karena masih rendahnya pencapaian vaksinasi di Padang.

Kepala Dinas Sosial Padang, Afriadi mengatakan sebanyak 8.000 warga Kota Padang yang menerima bantuan sosial (bansos) sudah divaksin. Dalam sepekan ke depan, Dinas Sosial menargetkan setidaknya 18.000 warga penerima bansos mendapat suntikan vaksin.

Sejak Rabu (22/9) kata dia, pihaknya telah menurunkan surat perintah kepada pendamping PKH se-Kota Padang untuk mewajibkan para penerima bansos mengikuti vaksinasi sebelum menerima bantuan. Hal ini, kata Afriadi menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota Padang nomor 6422/DKK-PDG/IX/2021.

"Sejak kemarin kita sudah turunkan surat ke pendamping PKH, yang isinya menindaklanjuti surat edaran Pak Wali. Penerima bansos khusus PKH, diwajibkan sebelum menerima bantuan harus vaksin dulu," katanya, Kamis (23/9/2021).

Dia menjelaskan warga yang menerima bansos harus menjalani vaksinasi minimal dosis pertama. Hal ini juga telah disampaikan kepada pelaksana di lapangan dan laporannya akan diperbarui setiap hari.

Dalam pelaksanaannya, Afriadi mengatakan hingga kini tidak ada masyarakat penerima bantuan PKH yang menolak untuk divaksin.

"Sejauh ini kalau penerima PKH mau (divaksin) semua. Karena PKH ini reguler sifatnya, dia akan menerima tiap bulan," katanya.

Apabila nantinya ada masyarakat yang menolak divaksin, penyerahan bantuan tersebut akan ditunda. Bantuan baru diserahkan jika yang bersangkutan sudah mengikuti vaksinasi.

Untuk diketahui pemerintah kini tengah berupaya untuk mengebut capaian vaksinasi di Kota Padang yang masih berada di angka sekitar 35 persen.

Dalam sepekan ke depan pemerintah menargetkan 52.000 vaksinasi agar persentasenya bisa naik ke 40 persen. Dengan begitu diharapkan PPKM Kota Padang bisa turun ke level 3.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X