Menteri Sosial Ungkap Besaran Anggaran untuk Bansos Tahun 2022

- Kamis, 23 September 2021 | 07:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharani (Twitter @trirismaharani)
Menteri Sosial Tri Rismaharani (Twitter @trirismaharani)

HALUANPADANG.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan bahwa Kementerian Sosial telah menganggarkan sejumlah dana untuk program bantuan sosial (Bansos) di tahun 2022 mendatang.

Dalam keterangan tertulisnya pada rabu (22/9) Menteri yang akrab disapa Risma tersebut menyebutkan anggaran Bansos di tahun 2022 sebesar Rp 74,08 Triliun dan diklaim sudah disetujui oleh DPR.

“Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan terus berlanjut. Tahun depan, Kemensos menganggarkan Rp 74,08 triliun atau 94,67 persen dari total anggaran untuk bantuan sosial,” kata Risma.

Pernyataan Risma tersebut juga membantah isu yang beredah bahwanya Kemensos akan menghentikan program Bansos di tahun 2022.

“Jadi, tidak benar kalau Kemensos menghentikan program Bansos,” sambung Risma.

Program bansos yang dikelola Kemensos terdiri atas Bansos reguler dan Bansos khusus. Bansos reguler dirancang untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan kemiskinan. Bansos reguler tersebut, adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako.

“PKH dan BPNT terus berjalan, baik ada atau tidak ada pandemi, karena untuk penanganan kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM,” kata Risma

Sedangkan untuk Bansos khusus berupa program Bantuan Sosial Tunai (BST). Seperti yang diluncurkan pemerintah terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Untuk BPNT sendiri pemerintah melalui Kemensos mengalokasikan dana sebesar Rp 7,08 Triliun untuk 5,9 juta Keluarga.(*)

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X