INFOGRAFIS: Tujuh Fakta Tentang Haswandi, Hakim Agung Urang Awak yang Sering Pegang Kasus Kakap

- Kamis, 23 September 2021 | 08:00 WIB
Karikatur dan Infografis Hakim Haswandi, urang awak yang ditunjuk menjadi hakim agung pada Mahkamah Konstitusi/Kevin-Budi
Karikatur dan Infografis Hakim Haswandi, urang awak yang ditunjuk menjadi hakim agung pada Mahkamah Konstitusi/Kevin-Budi

HALUANPADANG.COM – Dr Haswandi, hakim agung yang sudah ditetapkan Komisi III DPR RI, termasuk hakim yang acap disorot karena seringkali memegang kasus kakap. Lelaki kelahiran Payakumbuh itu bahkan pernah disentil aktivis anti korupsi karena menerima praperadilan tersangka korupsi yang ditangani KPK.

Berikut sejumlah fakta tentang hakim Haswandi:

  1. Pernah “Tumbangkan” KPK

Pada 2015, hakim Haswandi disorot media karena mengabulkan gugatan praperadilan eks Kepala BPK Hadi Poernomo dalam penetapannya sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan rekomendasi permohonan keberatan pajak BCA tahun 1999.

Ketika itu, Hadi Poernomo tidak terima penetapannya sebagai tersangka dan melayangkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dimana Haswandi bertindak sebagai hakim.

  1. Menjatuhkan Vonis untuk Anas Urbaningrum

Hakim Haswandi juga menjadi hakim ketua dalam kasus dugaan korupsi Wisma Hambalang, dengan terdakwa Anas Urbaningrum. Haswandi menjatuhkan vonis 8 tahun penjara kepada Anas.

Dalam putusannya, Haswandi menyebut bahwa Anas terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut.

Baca Juga: Disetujui DPR RI, Urang Awak yang ke Kantor Pakai Motor Shogun itu Kini Menjadi Hakim Agung

  1. Ikut Sidangkan Susno Duadji

Hakim Haswandi mulai dikenal publik saat menjadi anggota majelis yang menangani kasus dugaan pemotongan dana pengamanan pilkada Jabar dengan tersangka mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji.

Haswandi duduk sebagai anggota majelis bersama hakim Artha Theresia dan Charis Mardiyanto sebagai ketua majelis.

Dalam persidangan haswandi cukup kritis dalam menggali informasi dan fakta dari para saksi termasuk enam mantan Kapolres pada saat Susno Duadji menjadi Kapolda Jabar.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Perantau Minang di Ternate Punya Pemakaman Khusus

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB

Terpopuler

X