Bupati Jayapura Protes Atlet PON Sumbar Dikawal Brimob, Berikut Penjelasan Wagub Sumbar

- Jumat, 17 September 2021 | 18:24 WIB

HALUANPADANG.COM - Wakil Gubernur Audy Joinaldi memberikan penjelasan terkait pengawalan yang diberikan kepada atlet Sumatera Barat (Sumbar) yang bertanding di PON XX Papua.

Menurut Audy pengawalan dengan Brimob Polda Sumbar yang diberikan kepada atlet Sumbar selama PON XX Papua hanya menjalankan imbauan dari Kapolri dan Kementerian Dalam Negeri.

Lebih lanjut menurut Audy, pengawalan menggunakan satuan Brimob untuk kontingen atlet juga dilakukan oleh daerah lain.

“Tidak hanya Sumatera Barat, tapi Aceh juga melakukan hal yang sama dengan Sumatera Barat, yakni membawa penanganan," kata Wagub Audy dikutip dari langkan.id

Sebelumnya kebijakan pengawalan kepada kontingen atlet Sumbar yang akan bertanding di PON XX Papua mendapat protes dari Bupati Jayapura, Provinsi Papua sekaligus Ketua Sub PB PON XX Papua Mathius Awoitauw.

Menurut Mathius tindakan pengawalan kepada atlet Sumbar sangat berlebihan dan memberi kesan seolah-olah Papua tidak aman.

"Saya menilai itu sangat berlebihan seakan-akan memberi kesan bahwa Papua ini tidak aman. Di sini aman-aman saja kok.” Tegas Mathius.

Lebih lanjut Mathius pengamanan tersebut juga memberikan kesan bahwa kontingen Sumbar tidak percaya dengan pengamanan yang diberikan oleh panitia.

“Lagipula untuk keamanan dari panitia PON juga sudah ada, jadi tidak perlu lagi membawa pengamanan sendiri. Jangan sampai ada kesan bahwa Kontingen Sumbar tidak percaya dengan kerja panitia di Papua," kata Mathius kepada wartawan pada kamis, 16 September 2021.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X