Wah! Puluhan Laporan Dugaan Maling Uang Rakyat dari Sumbar Masuk ke KPK

- Rabu, 15 September 2021 | 15:45 WIB

HALUANPADANG.COM – Selama enam bulan belakangan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kebanjiran laporan dugaan maling uang rakyat (korupsi-red)  di Sumatera Barat. Pada semester awal 2021 saja, ada puluhan laporan dugaan rasuah tersebut.

Banyaknya laporan yang masuk dari Sumbar disampaikan Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, Brigjen Pol Kumbul KS ketika melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pemberantasan korupsi, Selasa (14/9/2021) kemarin.

“Sampai semester pertama 2021, ada 43 laporan dugaan korupsi yang masuk ke KPK. Laporan itu dibuat oleh warga Sumatera Barat,” terang Kumbul saat menjadi pembicara dalam bimtek yang diadakan di Padang.

Tingginya kesadaran masyarakat untuk melaporkan dugaan maling uang rakyat itu, dikatakan Brigjen Kumbul sangat patut diapresiasi. Menurutnya, langkah pelaporan merupakan bentuk dari kepedulian masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Infeksi Penyakit, Seorang Napi Perempuan Meninggal Dunia dalam Sel Lapas Padang

“Kepedulian itu sangat penting. Ketika masyarakat sudah berani melapor, itu tandanya upaya pemberantasan korupsi sudah mulai tumbuh di tengah masyarakat,” kata Kumbul.

Namun, KPK mengaku kesulitan menindaklanjuti laporan yang masuk. Hal itu dikarenakan, kualitas laporannya tidak konkrit.

“Sulit untuk ditindaklanjuti karena kualitas laporannya tidak bagus, ada yang berupa surat kaleng dan pihak-pihak sulit diajak berkomunikasi,” paparnya.

Beranjak dari buruknya kualitas laporan itulah, menurut Kumbul, KPK merasa perlu melaksanakan bimbingan teknis. Tujuannya, agar nanti laporan yang masuk ke KPK lebih berkualitas.

“Ke depan, pemahaman masyarakat semakin meningkat terkait kejahatan korupsi,” sambung Kumbul.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Catat! Inilah 16 Hari Libur Nasional Tahun 2022

Rabu, 22 September 2021 | 17:54 WIB

Hendri Septa Segera Tetapkan PJs Sekda Padang

Rabu, 22 September 2021 | 17:06 WIB

Sah! PPKM Agam Turun ke Level 2

Rabu, 22 September 2021 | 15:59 WIB
X