IKAFE Padang Helat Webinar Ekonomi, Wagub: Ada 7 Isu Strategis Dalam Pembangunan Sumbar 5 tahun ke Depan

- Rabu, 15 September 2021 | 13:39 WIB

HALUANPADANG.COM – Berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Padang, Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unand menggelar perhelatan bertajuk Magister, Government Talk dengan tema Perbankan Sumatera Barat di tengah pandemi.

Acara tersebut dilangsungkan secara daring pada Selasa (14/9) dengan menghadirkan 5 narasumber yang terdiri dari Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumbar; Wahyu Purnama, Regional Head Bisnis Mikro Kanwil BRI Padang; Bambang Widihasmoro, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari; Gusti Candra, Area Head Mandiri Padang; Yorinaldi,dan Kepala BCA KCU Padang Robert Siahaan.

Ketua IKAFE DPC Padang yang juga merupakan Direktur Utama Dapen Semen Padang, Aprison Irsyam,mengatakan dalam sambutannya bahwa pada era yang serba digital ini, meraka akan menggunakan podcast dan talkshow sebagai sarana edukasi juga silahturahmi. Tentunya dengan tetap mengusung pembicara yang mempuni di bidangnya masing -masing, dan itu merupakan tujuan kegiatan ini dilaksanakan.

“Tujuan kami membuat acara Magister, Government Talk ini setidaknya ada tiga tujuan. Yang pertama meningkatkan pengetahuan peserta mengenai permasalahan dan solusi dalam sektor sdm, pariwisata, dan ekonomi. Lalu tujuan yang kedua yaitu mendorong terwujudnya triple helix melalui sinergi antara universitas, pemerintah, dan pelaku bisnis. Lalu tujuan ketiga adalah menjalin hubungan baik antar pemangku kepentingan dalam memulihkan kondisi Sumatera Barat pasca covid-19,”ucap Aprison.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, yang saat itu berkesempatan memberikan pidato pada pembukaan acara tersebut mengatakan ada 7 isu strategis dalam pembangunan di Sumbar dalam rentang waktu 2021-2026.

Isu tersebut di antaranya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM); Pembangunan Kebudayaan; Produktivitas dan nilai Tambah Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Perdagangan Komersial dan Tumbuhnya Wirausaha Muda; Pengembangan Usaha Pariwisata Ekonomi; Infrastruktur yang handal dan berkualitas; serta Tatakelola pemerintah dan pelayanan publik.

"Dengan membenahi 7 isu strategis ini, kita berharap bisa mewujudkan Sumbar Sehat dan Cerdas, Sumbar Relgius dan Berbudaya, Sumbar Sejahtera, serta Sumbar Berkeadilan,"tuturnya

Pihaknya secara bersama-sama juga akan mendorong perkembangan ekonomi dengan membenahi akses keuangan UMKM, dan mendorong perkembangan perbankan syariah di Sumbar.

"Kita perhatikan, perkembangan UMKM dan perbankan syariah mengalami kanaikan pada triwulan II tahun 2021 ini, dan mudah-mudah bisa terus berkembang dan meningkat seiring waktu dan bisa membantu pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Sumbar pada masa pandemi Covid 19 ini,"kata Audy Joinaldy.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Terkini

Pasca Longsor, Jalur Padang - Solok Sudah Bisa Dilalui

Jumat, 24 September 2021 | 21:13 WIB
X