Viral! Video Pembantaian Rusa Oleh Sekelompok Warga di Sumbar

- Selasa, 14 September 2021 | 14:44 WIB
Potongan rekaman video warga memburu Rusa di sungai
Potongan rekaman video warga memburu Rusa di sungai

HALUANPADANG.COM - Video rekaman sekelompok warga yang tengah memburu dan membantai seekor Rusa di sebuah sungai viral di Instagram. Video ini diunggah oleh akun Yayasan Sarana Metta Indonesia, Senin (13/9) kemarin.

Diduga, aksi sekelompok warga itu terjadi di salah satu daerah di Sumatera Barat, sebab dalam video terdengar percakapan antar warga menggunakan bahasa Minang. Tidak diketahui secara rinci lokasi kejadiannya.

Dalam video tampak sekelompok warga mengejar dan membantai rusa dan kemudian diupload di media sosial oleh salah satu anggota pemburunya.

Saat sedang berburu, Rusa yang jadi incaran sekelompom warga tersebut tampak berusaha kabur ke sungai, namun warga tetap mengejarnya sambil membawa parang.

Video berdurasi 1 menit ini mendapatkan kecaman dari warganet, Yayasan Sarana Metta Indonesia bahkan menilai tindakan tersebut sudah melanggar UU 50/1990 tentang Konservasi SDA dan Ekosistemnya.

"Setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyinpan, memiliki, memelihara, mengangkut dan memperniagakan satwa dilindungi baik dalam keadaan hidup maupun mati," tulis akun tersebut.

Sedangkan untuk Rusa sendiri, adalah satwa liar yang dilindungi Undang Undang sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tanggal 27 Januari 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa liar.

"Bagi yang sengaja melakukan pelanggaran terhadap pasal diatas maka bisa dipidana penjara hingga lima tahun lamanya dan mendapatkan denda paling banyak seratus juta rupiah," tambah Yayasan Sarana Metta Indonesia.

Sejak diunggah pertama kali, video ini sudah memiliki 10.854 penayangan dengan 256 komentar.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

X