Untung Rugi Pembangunan Jalan Tol Sumbar

- Selasa, 14 September 2021 | 11:36 WIB
 (Rudi Kurniawansyah)
(Rudi Kurniawansyah)

HALUANPADANG.COM – Pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan atau jalan tol dalam sebuah negara bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perekonomian sebuah negara, baik secara makro maupun secara mikro.

Selain itu, industri jalan tol bisa juga dijadikan sebagai bukti dan kesiapan sebuah negara dalam menyongsong  peradaban yang serba mudah dan serba cepat dalam setiap melakukan aktivitas.

Namun pembangunan insfrastruktur seperti jalan tol tak terlepas dari pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebagian orang berpendapat pembangunan tol akan berdampak positif dan sebagian lagi berpendapat terlalu banyak yang dirugikan akibat dibangunnya jalan tol tersebut.

Bagaimana sesungguhnya dampak pembangunan tol terutama jalan tol Padang-Pekanbaru terhadap kehidupan masyarakat? Berikut Haluan Padang merangkum untung rugi pembangunan jalan tol di Sumbar.

Keuntungan

1. Lebih Cepat Sampai Ke Tujuan

Kemunculan jalan tol di suatu wilayah sudah dipastikan akan memangkas waktu perjalanan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Dalam hal ini perjalanan dari Kota Padang ke Pekanbaru akan jauh lebih cepat dari biasanya.

Lama perjalanan yang harus ditempuh jika ingin bertolak dari Kota Padang ke Pekanbaru normalnya memakan waktu sekitar 8-10jam. Sedangkan dengan menggunakan tol, diperkirakan akan sampai dalam waktu 3-4 jam saja.

Hal ini akan sangat efisien dalam pendistribusian sembako, bahan bangunan, hasil perkebunan, dan kebutuhan lainnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Catat! Inilah 16 Hari Libur Nasional Tahun 2022

Rabu, 22 September 2021 | 17:54 WIB

Hendri Septa Segera Tetapkan PJs Sekda Padang

Rabu, 22 September 2021 | 17:06 WIB
X