DPRD Solok Selatan: Keberhasilan Pembangunan Tidak Lepas dari Peran Legislatif

- Jumat, 2 Desember 2022 | 12:01 WIB
DPRD Solok Selatan: Keberhasilan Pembangunan Tidak Lepas dari Peran Legislatif
DPRD Solok Selatan: Keberhasilan Pembangunan Tidak Lepas dari Peran Legislatif

HARIANHALUAN.COM- Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel) Zigo Rolanda menilai keberhasilan pembangunan suatu daerah tidak bisa lepas dari peran lembaga legislatif.

"Kesusksesan pembangunan di daerah merupakan bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan DPRD. Berjalan bersama-sama dalam arti positif," kata Zigo kepada awak media diruang kerjanya, Kamis 1 Desember 2022.

Tidak hanya itu, Zigo juga menilai peran dari insan pers sebagai kontrol sosial dalam memberikan informasi terkait kritikan yang membangun juga cukup ampuh dalam melakukan evaluasi kinerja jajaran perangkat daerah.

Baca Juga: Solok Selatan Miliki Desa Durian, Ikuti Serunya Menunggu Durian Jatuh Langsung dari Kebun

"Pemberitaan atau informasi yang berimbang berupa masukan dan kritikan oleh awak media merupakan langkah bagi pemerintah dalam mengevaluasi," kata dia.

Dia menyatakan bahwa saling berbagi informasi terkait yang dapat menghambat pembangunan juga diperlukan.

"DPRD dan Media harus sama-sama melakukan tugas kontrol sosial lapangan. Kami di DPRD sangat mendukung apapun data kebutuhan media akan kami berikan sesuai kebutuhan dan tidak akan menutup-nutupinya," ujar dia.

Zigo menyatakan sesuai tupoksi pengawasan, tugas DPRD tidak seleluasa media massa dalam akses informasi. Dalam agenda rapat-rapat di komisi, semua kekurangan di legislatif harus dibenahi bersama-sama.

"Apa yang bisa kami bantu. Kami DPRD siap membantu media, termasuk keluhan awak media terkait akses di DPRD Solsel," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Terpopuler

X