Inkonstitusional! Perludem: Pemerintah Jangan Angkat TNI/Polri Aktif Pj Kepala Derah

- Selasa, 10 Mei 2022 | 22:24 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HALUANPADANG.COM - Setidaknya terdapat 49 kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada Mei 2022. Sebagai penggantinya untuk sementara, pemerintah pusat akan mengangkat Penjabat (Pj) kepala daerah. Wacana pengakatan personel aktif TNI/Polri  sedang menjadi polemik.

Menghadapi poresisi pengangkatan tersebut, Anggota Dewan Pembina  Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dalam keterangannya kepada pers, mengingatkan agar pemerintah tidak mengangkat personel aktif TNI/Polri sebagai penjabat (Pj) kepala daerah.

“Kalau sampai mengangkat personel aktif TNI/Polri, maka selain inkonstitusional hal itu juga bisa menimbulkan penolakan dan kontroversi yang buruk bagi citra pemerintah,” ujar Titi, Selasa (5/10/2022).

Baca Juga: Libas Timor Leste 4-1, Timnas Indonesia Berpeluang ke Semifinal SEA Games

 Titi yang juga yang juga mantan Direktur Eksekutif Perludem ini menegaskan, gugatan hukum pasti akan dilaksanakan sejumlah pihak yang berkepentingan jika pemerintah memutuskan menunjuk anggota aktif TNI/Polri sebagai penjabat kepala daerah.

Menurut Titi, personel aktif TNI/Polri tidak dapat menjabat sebagai Pj kepala daerah kecuali sudah mengundurkan diri dari dinas aktif dan berstatus JPT Madya atau JPT Pratama sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tidak dapat menjabatnya personel aktif TNI/Polri sebagai Pj kepala daerah sudah tegas dipaparkan dalam pertimbangan hukum Mahkamah Konstitusi (MK) yang tercantum secara eksplisit dalam Putusan MK Nomor 15/PUU-XX/2022," kutipnya.

Baca Juga: Terlihat Kompak! Anies Baswedan Unggah Momen Tertawa Bersama Ganjar Pranowo di Bali

Oleh sebab itu, Titi menegaskan polemik pengisian Pj kepala daerah oleh personel aktif TNI/Polri seharusnya sudah selesai. Pj Kepala Daerah dari personel aktif TNI/Polri adalah  inkonstitusional.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X