Mahfud MD : Negara Tak Larang Menteri Untuk Nyapres, Tak Juga Harus Letakkan Jabatan

- Sabtu, 16 April 2022 | 14:51 WIB
Menko Polhukam, Mahfud MD (Ist)
Menko Polhukam, Mahfud MD (Ist)

Haluan Padang - Menko Polhukam Mahfud Md memastikan apabila ada menteri yang ingin mencalonkan diri untuk Calon Presiden tahun 2024, tidak harus mundur dari jabatannya. Pasalnya, tidak ada aturan yang mengatur menteri harus letakkan jabatan apabila ingin Nyapres.

"Tidak ada larangan bagi menteri untuk menyatakan mau nyapres. Mereka tak harus mundur dari jabatannya," ujar Mahfud kepada wartawan, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: Mahfud MD : Tak Ada Hukum dan Etik Yang Dilanggar Ketua MK Jika Nikahi Adik Jokowi

Dia menuturkan, berdasarkan aturan hukum dan konstitusi hal itu diperbolehkan dan sah-sah saja. Asalkan para menteri tersebut tetap mengerjakan tugasnya dan bertanggung jawab.

"Itu boleh saja menurut hukum dan konstitusi. Asal tetap melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab," ungkapnya.

Mahfud mengatakan, kabinet merupakan salah satu sumber rekrutmen pemimpin negara. Adapun sumber lainnya yakni partai politik, lembaga negara, dan organisasi masyarakat sipil (CSO).

Baca Juga: Sebut Wayang Haram, Mahfud MD Sentil Ustaz Khalid Basalamah: Halal!

"Di mana-mana di dunia ini kabinet menjadi salah satu sumber rekrutmen kepemimpinan negara. Sumber rekrutmen lainnya adalah parpol, lembaga-lembaga negara, dan civil society organization," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, terdapat empat menteri yang ingin maju dalam Pilpres 2024. Mereka di antaranya yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (*)

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X