Jika Pilpres 2024 Tak Ditunda, Survei SMRC: Duet Anies-AHY Pemenangnya

- Jumat, 8 April 2022 | 04:55 WIB
Ilustrasi. Deklarasikan dukungan terhadap pencalonan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 terhadap Duet  Anies-AHY di Pasaraya Padang,  Sumbar. (Daffa-haluanpadang.com)
Ilustrasi. Deklarasikan dukungan terhadap pencalonan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029 terhadap Duet Anies-AHY di Pasaraya Padang, Sumbar. (Daffa-haluanpadang.com)

Haluanpadang.com - Berdasarkan hasil survei terkini Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperediksi,  Pilpres 2024 berkemungkinan hanya diikuti oleh tiga pasangan, dan pemenangnya adalah  Duet Anies-AHY.

Direktur Ekskeutif SMRC, Sirojudin Abbas menyatakan prediksi adanya tiga pasangan Pilpres itu dikarenakan adanya presidential threshold yang cukup tinggi, yakni sebesar 20%.

Abbas mengatakan, dari prediksi itu   lembaganya mencoba membuat tiga poros, yaitu poros PDIP-Gerindra, Golkar-PAN-PPP, dan poros Nasdem-Demokrat-PKS. Survei dilaksanakan akhir Maret 2022.

Baca Juga: Demokrat ke Jokowi: Rakyat Butuh Solusi Cepat, Bukan Semprot Sana-sini!

"Pada poros Gerindra-PDIP, karena Prabowo harus nomor 1, dan Puan Maharani memiliki elektabilitas yang terlalu di bawah, maka Puan mungkin akan menerima menjadi nomor 2," kata Abbas saat menjelaskan simulasi hasil surveinya secara daring, Kamis (7/4/2022).

Sementara itu, lanjut dia, karena elektabilitas Airlangga masih terlalu lemah, maka kemungkinan akan mencari calon yang paling kompetitif. Menurut Abbas, Ganjar Pranowo adalah alternatifnya. Terbuka juga kemungkinan Airlangga menjadi nomor 1 dan Ganjar nomor 2.

Sedangkan, poros Nasdem, Demokrat, PKS dapat mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena elektabilitasnya cukup baik, sementara Nasdem dan PKS tidak punya kader yang kompetitif.

Baca Juga: Jelang Demo Akbar 11 April 2022, Mahasiswa Sumatera Barat Mulai Suarakan Tuntutan ke DPRD

Abbas memprediksi, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa diterima sebagai pendamping Anies Baswedan karena cukup kompetitif dibanding nama-nama tokoh partai yang lain.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Moeldoko : Cukup, Akhiri Wacana Jokowi 3 Periode

Kamis, 7 April 2022 | 14:38 WIB
X